Friday, July 30, 2010

Bubur Pisang & Pear

Iseng2 di hari ketiga Keisha makan puree pear, saya coba tambahin pisang kerok.. wee manteb pisan! enak benerr..Keisha makannya cepet banget habisnya... Alhamdulillah

Bahan:
1/4 pear singo
1 buah pisang ambon

Cara Membuat:
Sama seperti puree pear, pear diparut, saring, ambil sari / air pir nya. Kemudian, kerok pisang ambon (bagian tengah pisang yang ada biji2 kecil hitam itu jangan dikerok, sisihkan saja, karena biji kecil2 ini bikin sembelit).
Campur dan aduk2 puree pear/sari pear dengan kerokan pisang...
Tarrraaaaa jadiiiii..siap santap....penampakannya seperti bubur pisang gitu.. yummyyyy...^__^ 

*hmm sayang  ga sempet foto2, nti deh klo makan pear pisang ini lagi, pasti saya fotoin :)*

Puree Pear

Buah yang diperkenalkan kepada Keisha setelah Pisang adalah buah Pear / Pir. Saya pilih Pear yang manis yaitu Pear Korea/Pear Singo. Asli deh maniiiiss banget, enyaaakkk...Fyi Keisha makan pir pupnya jadi lancar lho, 2x shari cuy wehehehe...
Pear ini tidak saya kukus,asumsinya kok ya aneh masa pir dikukus? buah pir lebih bagus dimakan fresh bukan? trus saya baca2 pengalaman ibu2 yg pirnya dikukus kebanyakan anaknya menolak makan pir tsb.
So, Berikut cara membuat puree pear ala umminya Keisha ^_^

Bahan: 
Pear Singo or Korea (1 buah pear dibagi 4, jadi bisa untuk 4 hari)

Cara Membuat:
Parut 1/4 pear, saring dan remas parutan pear sampai air pir nya habis.
Wess... selesai... jadi deh puree pear ala saya.. My Keisha doyaann buanget..Alhamdulillah.
Eiya mungkin ini lebih tepat disebut sari pear kali yaa..abis nya kan isinya cairan smua hehehee..

Puree Pepaya

Bingung juga nih mo bikin puree pepaya, saya search di aki google macam-macam cara mengolahnya... hadeeeuuuhh pusyiiinngg.... Akhirnya setelah semedi 10 menit, langsung deh dapet ilham (wehehehe lebay banget ya, padahal bikinnya super duper guampang :)))

Bahan:
Pepaya secukupnya (saya sih pakainya kira2 sebesar 3 ruas jari tangan)

 Cara Membuat:
Parut pepaya, saring dengan saringan teh sambil dibejek2 sama sendok besi/stainless (bejek terus ya moms sampai air pepayanya habis). Wess, selesai... aduk2 deh pepaya nya.. saya sih ga kasih asi/sufor... saya biarkan rasanya original pepaya hehehe..
Gampang kan... dan my Keisha sukaaa sekali...Alhamdulillah

PS: Oiya, kenapa saya bilang bejeknya sama sendok besi/stainless, soalnya pepaya ini akan meninggalkan bekas merah/jingga di wadah plastik or sendok plastik yg bersentuhan langsung dengan pepaya tersebut. Waktu bikin puree pepaya pertama kali, saya bejek2 tu pepaya diatas saringan pakai sendok makannya pigeon yg plastik warna putih itu looh... Nah selesai makan, mangkuk  & sendoknya mau di cuci doonk.. Daann pas dicuci trus bilas..loh loh lohhh kok ada bekas merah2 nih.. di sabunin lagi...loh lohhh gak hilang! Ampyuuunn udah digosok sekuat tenaga teteep ga ilang2 juga... terpaksa si mangkuk+sendoknya direndam ma air sabun selama 2 jam...baru deh bekas merah pepaya itu hilang.... *fiuuuhhh lap keringat*

Apa itu Gasol?



Saya baru ngeh, ternyata banyak juga yang ga tau apa itu tepung Gasol. Soalnya waktu saya buat status di BBM dan Twitter tentang Gasol di makan pertamanya Keisha, weleeehh banyak yang bertanya ke saya, "gasol apaan Dev?"

Tepung Gasol adalah sejenis tepung yang sangat cocok untuk MPASI/MPSUFOR karena sehat dan alami. Gasol diproduksi tanpa pengawet, tanpa penambah rasa, tanpa pewarna dan gasol ditanam dengan menggunakan teknik pertanian organik (tanpa pupuk dan pestisida sintetis).
Gasol sebenarnya nama sebuah desa di wilayah Cianjur yang menjadi pusat pembudidayaan pertanian organik yang dikelola oleh Gasol Pertanian Organik.
Sampai saat ini gasol terdiri dari 10 jenis tepung, ada Beras Merah, Beras Merah Wangi, Beras Coklat, Kacang Hijau, Kacang Merah, Kedelai, Jagung, Pisang, Ubi, dan ArrowRoot. Gasol diolah dengan cara yang aman mulai dari proses penanaman yang sangat alami, organik tanpa pestisida dan pupuk kimia sampai dengan proses olah menjadi tepung dan pengemasan akhir.
Masih penasaran tentang gasol, mau tau gimana cara mengolah gasol, resep-resepnya dll dst dsb.. klik aja ke sini dan sini.

Saya sendiri sudah sedia 3 jenis gasol di rumah; beras merah, beras coklat dan kacang hijau. Belinya di salah satu baby house di Bandung. Yang baru dicobain Keisha gasol beras merah. Hmm menurut saya Gasol Beras Merah ini rasanya hambar loh, makanya tu gasol bisa ditambahkan ASI/Sufor secukupnya, atau bisa juga dengan sayuran or buah. Keisha sih sukanya dicampur sama biskuit bayi... makannya lahap happ happ!!! ^__^  Kalau tidak dicampur biskuit, misal gasol beras merah+sufor saja, Keisha ga suka, walhasil nangis meraung-raung dia.

Friday, July 23, 2010

MPASI Hari 3 & 4

Fiuuhh finally Keisha mau makan Gasolnya di hari ketiga ini...horeeee.... uh uhhh akhirnyaaa.... setelah sebelumnya tiap makan gasol dilepeh-lepeh dan nangis-nangis huhuhu....
Jadi intinya harus sabar, jangan menyerah, sodorin terus makanan itu ke baby kita hihihi...
Di hari ke-4, gasolnya dicampur sama setengah keping biskuit Farley's... and u know what... Keisha makan gasolnya semakin lahap... yipppiiiiiyyyyy....*ummi jingkrak-jingkrak kesenangan*


*iiiihh makan gasolnya celemotan smua gituu ..sambil digendong Nyaima niiy*
*abis maem walau cemang cemong teuteeuupp senyum maniiss ^_^*



MPASI Hari Kedua

*nyam nyaamm...enyaaakk!!! makannya habiiss... trus senyum manis dehh*

MPASI/MPSUFOR hari kedua berjalan lancarrr... Menunya sama seperti hari pertama, pagi Gasol Beras Merah, siang buah Pisang, sore Biskuit Bayi. Oya kali ini tambahin biskuit bayi Farley's Klasik. Iyaaa saya tau, pasti banyak yg bertanya-tanya, kenapa Keisha dikasih biskuit yg non homemade? Sekarang saya yang mau tanya ni jadinya... ada apa siy dengan biskuit yg dijual di supermarket? ada yg salah? biskuitnya beracun kah?

Karena penasaran, akhirnya saya tanya ke DSA nya Keisha... Dan jawaban pak dokter, biskuit bayi yg dijual di pasaran sehat, tidak ada masalah, bagus untuk dimakan. Beliau waktu bayi juga dikasih biskuit katanya hehehehe..... *itu sih bukan pak dokter aja, saya juga kok dok, waktu kecil mama saya kasih Regal malah...(Regal bukan biskuit bayi kan? :)*

Sepakat, akhirnya saya beli baby biscuit Farley...ini atas rekomendasi dari teman, kakak ipar, dan pak dokter hehehe...Keisha sukaaa banget sama biskuit ini, makannya lahap, cepat banget habisnya... Alhamdulillah...


*lihaaatt...Keisha melotot pas liat sendok yg dipegang ummi*

Monday, July 19, 2010

MPASI pertama KEISHA



Hari Minggu tgl 18 Juli 2010 kemarin, my baby Keisha makan pertama selain susu. Hmmm well, Keisha udah ga ASI lagi, mimik cucu nya pake sufor. Ya saya tau, seharusnya MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) or MPSUFOR (Makanan Pendamping Susu Formula) diberikan ketika usia bayi 6 bulan. Tapi setelah saya konsul dengan dokternya Keisha, it's ok kasih makanan ke baby umur 4 bulan, asalkan lunak jangan yang keras. Toh orang tua jaman dulu juga kasih makan bayinya sejak dari umur 3 bulan dan anaknya sehat wal'afiat. Apalagi Keisha terlihat sudah siap untuk makan selain susu, ciri-cirinya: sudah bisa duduk, selalu merasa lapar walaupun habis mimik, suka liatin saya makan dan mulutnya sering terdengar berdecap.

Akhirnya kemarin sore, Keisha pun mulai makan. Saya kasih tepung Gasol Beras Merah. Waaahh deg2annyaaaaaa... hihihi... iya dunk deg-deg ser... takut Keisha ga mau sama gasolnya hehehe...

Dan kecemasan saya terbukti.. Keisha ga suka Gasol!
Setelah matang, gasolnya sempet saya dan Nyaima (neneknya Keisha, mamanya saya;) icip-icip rasa gasol kaya apa ya? weeekk ga enakk!!! hambar gitu... **apa saya yg salah bikinnya ya :(((**
Trus nyaima bilang, "ga enak nih .. Keisha ga suka..liat aja.."
Huuuuhh si mama gimana siy.. bukannya nyemangatin anaknya kok malah bilang gitu huhuhuhu....

Jeng jeng jengggg... tibalah saatnya suapin gasol itu ke Keisha. Reaksi pertama di suapan pertama biasa aja, suapan ke 2 mulai mengernyit, suap ke 3 meringis, suap ke 4 buang muka mata berair, suap ke 5 nangis, suap ke 6 nangis kejerrrrr.....

Yaaah...mpsufor pertama gagal!!!

Untung nyaima inisiatif langsung ke dapur ambil pisang. Pisang ambon tak ada, jadilah pisang yg ada di meja makan aja diambil, pisang kecil yang manis itu loh, pisang raja sere kalo ga salah jenisnya. Lalu pisangnya dikerok perlahan dengan sendok. Bismillah, smoga dengan pisang ini Keisha mau...
Dan voilaaaa...mau euy.. walo nangis dikit, tapi pisang keroknya mau ditelan..Alhamdulillah...