Tuesday, November 23, 2010

Bubur Saring & Bubur Kasar

Keisha sudah makan bubur nasi sejak usia 6,5 bulan. Pertama kali bikin gagal, saya pegel nungguin masaknya yang lammaaaa amat, 1 jam lebih! (maklum ga punya slow cooker jadi masak kayak biasa ajah...hehehe..).Buburnya masih kasar banget udah saya matiin kompor trus kasi ke Keisha...ya jelas nolak dong neng Keisha, kaget dia biasa makan halus macem gasol dan puree, tiba-tiba di kasi apaan niiii .. :)

Besoknya baru sukses, masaknya agak lamaan sekitar 1.5 jam, air diberas juga agak dibanyakin...iyees jadi  juga bubur halusnya, trus saya saring dan sajikan teruntuk anak tersayang :)  Berikut cara / tahapan bikin bubur saring ala saya yang serba cemplung smua dalam panci hihihi....

bubur saring plus wortel, buncis, tahu, kaldu ayam & ati ayam (btw, seharusnya kalo udah pake ati ga perlu ditambahkan kaldu ayam)
Sayuran dan lauk pauk temennya bubur sudah banyak yang Keisha coba; wortel, bayam, buncis, zucchini, sawi ijo, sawi putih, kol, labusiam, jagung, brokoli, kentang, tomat, oat, tahu, tempe, kaldu ayam, ati ayam, daging ayam, daging sapi, ikan gurame, ikan mas, ikan patin dan ikan lele hehehehe... Semua suka, terlebih kalo ada tahunya... wiih lahap makannya :)

Tapii Keisha kadang ga mau makan juga sih, (istilahnya GTM, Gerakan Tutup Mulut, cmiiw), mulutnya ditutup rapet pet pet, uughh sabar sabarr... Kalo udah begini, nyaima turun tangan, baru deh Keisha mau makan... (bookk sambil digendong2, mana tahaann ... :'((( 
bubur saring plus wortel dan tahu

Sekarang umur Keisha 8,5 bulan.. saya mulai tambahkan keju dan  unsalted butter. Trus baru seminggu ini saya juga coba kasih bubur kasar (bubur tidak disaring, red),  hanya sayuran dan lauknya masih saya saring. Deg-degan takut Keisha ga suka, takut tersedak, takut dilepeh... ooohhh untung enggak! Keisha mau bubur kasar... lucu deh liat mulutnya komat kamit ngunyah si bubur kasar ini...... Alhamdulillah
bubur kasar plus ati ayam, bayam dan tahu

No comments :

Post a Comment