Saturday, December 11, 2010

Ketika Anakku Sakit Roseola Infantum



Hari Jum'at malam semingu yang lalu tiba2 Keisha agak anget badannya. Yang tau duluan abi, abi baru datang dari Jakarta, trus sampe rumah Bandung langsung gendong Keisha. Pas gendong abi bilang, "mi, Keisha sakit? ini badannya panas.." Saya pegang dahi Keisha, waah iya anget! saya ukur pake termo digital suhunya 36,8°C...huhuhu kok jadi panas? tadi sore masih normal suhu badannya ga berasa anget.....hiikkss...

Di pantau terus, suhu badan naik turun antara 36,5 sampai 37,9°C. Saya kasih Sanmol 0,8 ml kemudian turun panasnya. Besoknya sabtu sore diputuskan ke dokter. Tadinya saya gak mau, mo nunggu 3 hari observasi panas gitu... Tapi keluarga di rumah udah cemas, klo ditunda ke dokter takut tambah panas..mana besoknya hari Minggu lagi, dokter kebanyakan gak praktek di hari libur.

Okey segera ke dokter, dsanya Keisha namanya dokter Sanjaya praktek jl dr Rajiman daerah Cipaganti. Sebelum berangkat biasa saya cek twitter dulu, liat informasi lalu lintas... Wakwaaww Bandung macet parah sore itu! Trus saya liat status Bbm teman saya Ochan yang misuh2 karena kejebak macet. Saya bbm deh, dia bilang jalanan yg ke arah jalan Rajiman itu macet total sampe berjam-jam gara-gara ada longsor di daerah Babakan Siliwangi  Bandung. Imbasnya jalanan jd macetot dimana-mana..hadeeuuhh!!! Kalo dipaksakan ke Sanjaya, capek dijalan donk kita, mana Keisha lagi anget begini ...hikzz.. Coret gak jadi ke Sanjaya. Beralih ke Dsa Keisha lainnya yg komunikatif banget (mamaku seneng ni Keisha diperiksa beliau, sabar dan ramah soalna hihihi) namanya dokter Dzulfikar di Hermina Arcamanik, ee beliau gak praktek hari Sabtu.. Stress dehh diriku!  Ya sudah daripada kelamaan cari dokter, berangkatlah kita ke Hermina Pasteur (gak bayar kalo kesini pake asuransi dari kantornya abi :), daftar ke salah satu dokter anak disana. Setelah ketemu dokternya uuuhh saya kurang cocok, abisan belagu amat mentang2 dokter konsultan. Dia bilang bayarannya paling mahal, so kalo mo konsul tanya-tanya lebih banyak mesti beberapa kali datang jadi pasiennya. Hmmm okey yg saya tangkap, kalo baru sekali pertemuan begini saya gak boleh tanya macem2??? Bu dokter itu bilang, saya baiknya nanya ina inu sama dokter tetapnya Keisha aja, dr Sanjaya... Maksud looooo dok?????  Uuughh sabar sabarrr... Untung saya gak lagi pms! jadi ya sudah cuekin aja deh... Bu dokter juga banyak nanya2 gitu ttg dr Sanjaya...iihhh napa sehh...situ saingan ya sama dokternya Keisha??? hihihi maklum ni Sanjaya emang lumayan beken di Bandung hekekekek.

Wedeew ngolor ngidul kok jadi Out of Topic?  balik ke Roseola. Dokter belagu itu belum tau panasnya Keisha ini karena apa.. Dugaan sementara Demam Berdarah atau Thypus. Kalo lebih 3 hari panas belum turun2 juga, harus cek lab. Saya kemudian diberi surat untuk ke lab.

Hari Minggu dini hari Keisha panas banget 39,4°C! Ya Allah saya sampe gemetar pegang termometernya..hikss... langsung diminumin Sanmol dan kompres, Alhamdulilah panas turun. 3 hari suhu badan naik turun, akhirnya hari ke-4 suhu badan Keisha normal kembali.... Tapiiii anehnya di perut Keisha muncul bintik-bintik merah.. makin lama makin banyak, kemudian berubah udah bukan bintik lagi, sekarang jadi kaya ruam merah gitu bercak-bercak... Keisha saya liat gak masalah sama bercak ini, dia gak garuk-garuk tanda gak gatal..malah aktif manjat2 sofa hehehe..

Trus saya ingat, beberapa hari yang lalu chatting sama teman, anaknya gejalanya persis kaya Keisha, bahkan bercak merahnya sampe ke bagian wajah. Langsung saya tanya... ternyata anaknya kena Roseola Infantum. saya googling lah saking penasarannya.. dan akhirnya bukan sok tau saya ambil kesimpulan sendiri, Keisha kena Roseola. Kenapa? dibawah ini jawabannya...

Roseola Infantum adalah penyakit yang sering ditemukan pada anak, disebabkan oleh virus Herpes 6 dan 7. Disebut Roseola karena warnanya kemerahan seperti mawar sehingga disebut dengan Roseola (rose=bunga mawar). Infantum karena umumnya mengenai bayi baru lahir (infant), terutama usia antara 6 bulan sampai 3 tahun. Roseola terkadang salah didiagnosis sebagai campak atau campak jerman karena gambaran dan perjalanan penyakit yang hampir mirip dengan kedua penyakit tersebut. Penyakit ini disebut juga dengan eksantem subitum (yang artinya kemerahan yang timbul mendadak) dan menular melalui cairan saliva/ludah. Masa inkubasi (masa dari mulai terinfeksi sampai timbulnya gejala) adalah sekitar 5-15 hari. Biasanya penyakit ini berlangsung selama 1 minggu.

Berikut tanda dan gejala Roseola Infantum pada bayi:
1. Demam. Awal penyakit timbul demam yang biasanya tinggi 39,4-40,6°C, berlangsung sekitar 3 hari,
2. Bercak/Ruam kemerahan. Setelah demam turun, timbul ruam kemerahan di seluruh tubuh, terutama di daerah sekitar wajah, leher, dada, perut dan punggung. Ruam ini tidak menimbulkan rasa gatal, tidak akan berubah jadi nanah atau timbul cairan dan berlangsung selama beberapa jam sampai 2 hari.

Disinilah yang harus diperhatikan, pada Roseola Infantum, ruam ini muncul setelah demam reda. Sedangkan pada campak, ruam muncul saat penderita masih demam.

Bila bayi menunjukkan gejala terjangkit Roseola Infantum, orangtua tidak perlu panik. Karena disebabkan oleh virus, maka pengobatan dengan antibiotik tidak diperlukan. Penyakit ini tergolong ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya. Terapinya hanya untuk menurunkan demam. Orangtua dapat memberikan parasetamol yang dijual bebas untuk menurunkan panasnya. Berikan juga anak Anda minum yang banyak, kompres hangat seluruh tubuhnya, serta pastikan ia beristirahat dengan baik. Bila sakit berlanjut atau anak terlihat melemah segera bawa ke dokter.
sumber: http://gangguankesehatananak.blogspot.com/2010/04/roseola-infantum.html

sumber :  http://dokternoviana.wordpress.com/2007/11/01/roseola-infantum/

Info lengkap juga bisa dibaca disini.. http://www.mayoclinic.com/health/roseola/DS00452

Benar dugaan saya, 2 hari kemudian bercak merah di perut dan punggung Keisha hilang tak berbekas..Alhamdulillaah... Saya udah khawatir aja mesti cek lab. Kasian Keisha kalo diambil darahnya, ditusuk2 tangannya sama jarum suntik... ihh ga tega ngebayanginnya.

Nah trus Keisha ketularan Roseola ni darimana? Dipikir-pikir seminggu sebelum sakit, saya ajak Keisha nengok teman yang habis melahirkan di salah satu rumah sakit umum di Bandung. Mmmhh mungkin ketularan disana, soalnya Keisha jarang saya bawa keluar rumah..hikkz...pelajaran banget buat saya, jangan sekali-kali bawa bayi ke Rumah Sakit yang campur gitu... Padahal mama saya udah ingetin gak usah bawa Keisha, coz itu Rumah Sakit segala macam penyakit ada disana.. Tapi saya  bandel tetep kekeuh pengen ngajak Keisha...huhuhu....

Ya sudahlah, yang lalu biarlah berlalu, yang penting sekarang Keisha sudah sembuh, sudah sehat, sudah ketawa ketiwi lagi... seneeenggg dehh... Sehat selalu ya anakku sayang....kiss kiss

15 comments :

  1. teh Deva makasih udah sharing, anak sya tampakny juga kena roseola ini, hmmm sya lg otw k Hermina Arcamanik, btw tinggal di bdg mana? Sya d cipadung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Asri ..duh saya telat balasnya niy..
      Gimana si kecil? bener roseola kah? ke Hermina Arcamanik sama dokter siapa? Semoga sekarang udah baikan ya..

      Delete
  2. Thanks mba sharing roseola nya.. Pas baca dokter yg sok itu, nyebelin bgt tau, iihh jd gmn gtu, soalnya pnh jg tuh dokter kandungan di daerah cibubur yg jutek abis, wuiddiihh kita kan bayar, dia yg seharusnya ngelayanin kita..kelakuannya sm nanya2 dokter lain (dikira saingann apa yak) dan sm jg posisinya kita bukan langganan di dia, beuuh..mdh2an ga laku deh dokter kyk gtu, biar introspeksi..
    Anyway, alhamdulillah anaknya udah sembuh ya Mba, smg sehat terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mba Najmutsaqib, maaf baru dibalas komennya..terlewat..hikkss..
      wah dokter siapa tu... bisikin donk mba namanya..hehehe
      di cibubur ada yang baik dan ramah, namanya dokter Suci, praktek di apotik Suci di Ruko Citywalk Citragran. Ibu2 di kompleks saya banyak yang ke beliau dan cocok :-) Kebetulan waktu itu saya 2x periksa sama beliau. Dan beliau welcome sekali walo tau saya akan melahirkan bukan sama beliau hehehe...

      Aamiin.. sehat selalu juga untuk mba Najmut saqib sekeluarga :)

      Delete
  3. td saya juga dari RS anak saya Dhafin sepertinya jga kena roseola infantum, tp ini maish demam hari ke dua, tp dari tanda2nya dokter biklang kemungkinan roseola infantum, mudah2an memang penyakit ini aja, ngeri kal ada penyakit lain, dbd, tifoid, atau lainnya
    @najmut : di dokter siapa dktr kandugannya bun? saya juga kalo periksa di dktr kandungan di RS mitra cibubur..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mba meta..
      gimana kondisi kesehatan Dhafin sekarang, semoga sudah sembuh yaa... huhuhu maafkan telat bales komennya...
      tinggal dicibubur juga ya mba meta, cibuburnya dimana? jangan2 kita tetanggaan hehehee

      Delete
  4. wah berati kemaren anak saya kena ini kali ya soalnya ruam muncul stlh panas reda panasnya cm 2 hari cm smp 38 aja trus 2 hari sembuh eh tau tau muncul ruam merah dimulai dr perut smp muka punggung kaki dan tangan, krn anaknya fine2 aja dan saya kira campak ya sudah dibiarkan saja ntr jg sembuh sendiri. abis tuh anak dari lahir baru sakit sekali ini (umur 6 bulan) saya bilang mantep amat nih anak sekalinya sakit langsung campak setelah saya baca tnyata kena roselia infantum ini tohhhh tks ya mba infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh kelewat baca komennya.. gapapa ya baru dibalas sekarang mba Rini, maafkaan ...
      sehat selalu untuk si kecil ya mbak...

      Delete
  5. mbak, jumt kmrn anak saya usia 9 bulan demam, setelah demam turun timbul ruam2 di perut, punggung n leher... ruamnya agak besar2 gitu, n merata.. apa yg dialami putri mbak sama?? mertua n saudara2 nyuruh kasi bedak semacam bortalk gitu... tp sampai skrg saya masih bertahan tdk memberi anak saya apa2 kecuali bedak bayi yg biasa dipakai... trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Yovan..maaf baru baca komennya.... huhuhu... telat banget ini.. si kecil pasti sudah sembuh khan ya? sehat selalu yaa

      Delete
  6. istilahnya agak aneh dan asing buat saya,
    hehe,
    bisa menambah pemahaman baru, thx sobat

    ReplyDelete
  7. Wahhhhh.... Kayaknya anakku si Alice juga kena itu deh, umurnya skrg 14 bulan. Krna waktu pas setaon.. Udah sampe aku bawa ke UGD RS UIN gara2 tuh bintik2 merah... Tapi kelakuan anaknya sih tetep bolang alias ga bisa diam... *mama parno*

    ReplyDelete
  8. teh deva.. mau tanya.. klo anak kena roseola itu perawatan dirumahnya gmn ya? boleh tetep dimandiin ga ya? anakku kyanya lgi kena itu sama persis kasusnya.. makasih infonya ya teh 😊

    ReplyDelete
  9. Sama persis teh sama anak aku,3 hari demam diatas 39°C ,hari ke empat turun,jd aku mandiin ini hari ke 5 aku baru lihat bercak2 merah nya,awalnya cuma di leher aku kira cuma biang keringat karna 3 hari gak mandi kemaren,hari ini udah kemana2 bercak nya...itu bahaya gak sih teh???

    ReplyDelete