Tuesday, December 11, 2012

Keriweuhan Membuat Paspor 2 Anak

Hiyaaak asli ini bikin paspor jalur resmi bolak balik bok ke kantor Imigrasi. Apa karena saya bikin paspor 2 anak ya? jd berasa ribet pas mo di foto -__-". Daftar online, ga masuk2 failed mulu... fuuuuuftt O__o Oke beklah langsung ke kantor Imigrasi aja di jl Surapati No 82 Bandung.

  • Day 1
Hari pertama datang, beli Map + sampul hijau paspor Rp. 10.000,-. Map ini sebagai tanda bukti untuk pengambilan formulir pengajuan paspor. Karena hari kerja abi gak bisa nemenin, jd pake surat kuasa yang ditandatangan di atas materai 6000. Berhubung bawa anak kecil, jadi saya memutuskan isi formnya dirumah saja, padahal smua persyaratan sama abi sudah disiapkan dan sudah di fotocopy... ya tapi karena faktor buru2 dan riweuh kalo isi disana sambil gendong2 anak kecil ini, ya sud saya pulang saja
  • Day 2
Besoknya saya datang lagi ke Imigrasi kasih formulir plus kelengkapan lainya macem fotokopi KTP ortu, fotokopi kartu keluarga, surat nikah, akte lahir anak + ortu, paspor ortu  plus surat pernyataan ina inu yg smuanya mesti di ttd diatas materai 6000 -__-"

Ada kejadian memalukan ketika nomer saya dipanggil. Sambil gendong Daanish  saya samperin tu loket 1, petugas memeriksa kelengkapan surat2nya. Saya kira sudah okeh smua, ternyata masih kurang sodara sodara, fotokopi KTPnya salah! Karena seharusnya KTPnya ga usah dipotong, biarkan saja di atas kertas A4, soalnya kalo digunting nanti terselip / nyangkut di mesin gitu kata petugasnya.. Owwh okedee... Kurang saya cuma KTP aja, brarti saya mesti fotocopy lagi, di sebrang kantor Imigrasi ada tempat fotokopian. Balik badan baru melangkah 3 langkah, eeeelaahhdalaaahhhh mbrasa ada yg nyangkut dikakiii... Badan saya limbung, yak yak yakkkk jatoh niii pikir saya, bener donk  jatuh terjerembap ke depan dirikuh, barengan Daanish pulak yang sedang saya gendong... Huwaaaaaa kasian Daanish ketimpa badan emaknya yg super padet meredet iniihhh.. pleeuss malunyaaaaa toloooonggg..... hik hikksssss...

Aah life must go on, saya bangkit elus2 kpala Daanish sok cool, *pdhl rasanya pengen ngilang ditempat* hahahahha.... Ada ibu2 nyamperin, "duh kasian si kecil, ga papa teh?" saya jawab "iya gapapa bu, ga ada yg lecet"... huhuhuhuhu... siakeekkkk!!! Jadii kantor imigrasi itu sedang di renovasi. Lantainya blum smua di pasang, ada yg udah di marmer lantainya ada yg belum makanya saya jd keselengkat deehh huhuhuhu... *makanya jalan pake mata buk, mata dipasang yang bener, jgn pake dengkul + kaki doank...iyeeeeee!*

Buru-buru ke tempat fotocopy, setelah beres smua balik lagi ke kantor Imigrasi dan dapat secarik kertas buat  foto & wawancara 2 hari kemudian. Eh trus si mas petugas loket berpesan sambil senyum2, "hati2 ya bu jangan jatuh lagi" mwihihihiii..... aku maluuuuuuu.......

note OOT: Setelah dari Kantor Imigrasi saya ke travel DayTrans di Dipati Ukur buat kirimin KTP asli + Paspor abi ke Jakarta. Abi perlu paspornya untuk keperluan dines hari Jum'at.  Kirain diperlukan yang asli untuk bikin paspor anak2, ternyata enggak perlu, karena abi sudah bikin surat pernyataan tidak bisa hadir..hehehe.. Oia biaya pengiriman dokumen melalui Daytrans Travel sebesar Rp 35.000,-

  • Day 3
Disinilah letak keribetannya. Berhubung gak punya mbak asisten, jd saya minta tolong kakeknya Keisha (Yaipa) buat nemenin saya ke Kantor Imigrasi. Kemarin2 saya pergi berdua Daanish saja, Keisha gak diajak. Hari ini dijadwalkan untuk sesi foto & wawancara, yang bersangkutan harus hadir. Salah saya disuruh datang pagi jam 7.30 WIB, tapi saya malah datang jam 9.30 WIB. Antrian sudah mengular. Sebelum foto & wawancara mesti bayar dulu. Nah pembayaran ini antrinya maakkk ampun dah....Sampe jam 11 nomer kita blm dipanggil2. Karena hari itu hari Jumat, kepotong Sholat Jumat , jam 11 mereka close sementara sampai jam 1 siang kemudian baru buka pelayanan lagi ..grrrrhh...Nunggu 2 jam malesin  sangat, palagi bawa 2 bocah cilik yang mulai mengantuk krn klamaan nunggu. Yaipa juga mulei BT..  Kita pun mutusin pulang dulu ke rumah di Antapani, biar anak2 makan siang + tidur dulu di rumah, nanti jam 1 kurang saya sendirian yang balik ke imigrasi buat bayar.

Antapani - Jl Surapati itu gak terlalu jauh sebenernya, apalagi lewat jalan motong, lewat ARS jalan di samping Borma - jln Cimuncang Ahmad Yani - tembus2nya di Jl Phh Mustofa deket univ Widyatama, belok kiri jalan terus sampe deh di kantor Imigrasi.Tapi hari Jumat itu sepertinya lagi berantem sama saya, karena jalanannya macet dimana-mana. Masak 1 jam lebih baru sampai di Imigrasi, biasanya 20 menit sajah udah sampe... rrrggghhh.. Belum cari parkirnya yg susah... Cihcuihhh..mana sempat saya balik lagi bawa anak2 sementara jalanan macet parah begindang x_X

Saya tanya sama petugas disana, boleh gak foto + wawancaranya diganti hari Senin atao Selasa. Ternyata bisa! Alhamdulillaah...Tapi tapii kalo mau digenti di hari lain, pembayaran harus dilakukan di hari yang sama dgn foto+wawancara. Eaaaaaa sami aji mesti ngantri lama dunk dunkkk... Maksud hati bayarnya Jumat itu saja, biar besok Senin tinggal datang buat foto+wawancara...krrkrkrkrkrkkkk....

  • Day 4
Atur strategi, pagi jam 8.30 WIB saya & Daanish sudah tiba di kantor Imigrasi ambil nomor antrian pembayaran. Keisha gak ikut, masih di rumah. Biayanya per orang Rp 255.000,- . Begitu saya sudah bayar, untuk foto + wawancara pun masih antri lagi sekitar 40 orang ke depan, jadi saya masih santai2. Daanish kecapean main dan ngemil akhirnya tertidur di gendongan saya :) Ketika antrian foto tinggal 20 orang lagi, saya telphone ke rumah, eng ing eng.. Keisha & Nyaima ( nenek Keisha, mama saya) segera meluncur ke Imigrasi..hahahhahaha.. brilliant! jd si bocah ga kelamaan nunggu.... hihihi.. Daanish pas di Foto matanya masih sembab karena saya bangunkan dengan paksa hihihi.. Keisha rambutnya awut2an gak sempat sisiran wkwkwkwk... but everything's ok.. smua terasa menyenangkan di hari itu... Perfect! *nyengir puas*. Paspor jadi 3 hari kemudian ^_^

  • Day 5
Finally paspornya jadiiii.......huhuuyyyy.....walopun pakek acara jatuh tersandung segala, tak masalah, sekarang kalo dinget2 tetep masih maluuu bwihihihihi.....

 

 


 

24 comments :

  1. kalo bikin paspor berarti mau jalan2 nih.... :)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah..akhirnya setelah jatuh bangun..kelar juga pasportnya Keisha ama Daanish yaa ;))

    hihi kebayang adegan waktu jatohnya itu bok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn dibayangin, memalukan sangad ntuu..ihikkkss...harusnya sambil diiringi backsound lagu dangdoed Jatuh Bangun ya des wkwkwkwk...

      Delete
  3. waaa rempong nih kayanya hehe :D
    tapi alhamdulilah akhir nya jadi juga ya paspor nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. eimmm rem to the pong de.. rempong pas mo foto itu antrinya kelamaan hehehe...

      Delete
  4. asyiiiik nih mau jalan-jalan ya :) toss dulu ah gak pake asisten, jadi ngandeli kakek nenek ya kalau ada perlu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba Lidya ga pake asisten juga, toooss.. mari kita bersulang.. hihihi....tapi tapi kalo punya info2 art boleh kbar2i saya mba... *__~

      Delete
  5. saya sendiri tidak pernah bikin paspor... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. paspor bukan must have item.. santai sajaa hihihi :)

      Delete
  6. aku ngurus paspornya sama calo mba.. lbh cepat but lbh mahal tdk pake rieweuh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya sik kalo mo cepat dan ga punya waktu buat ngurusnya mending pake calo ya... tapi mahalnya ituuh , ku tak mampu.. *sambil keukeupin dompet* :(

      Delete
  7. Emang kalo tinggal di Cibubur ngurus pasport di Bandung ya ?
    Hayo mau jalan-jalan kemana niih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngurus paspor bisa dmana aja kan ya ya ya... ehehehe...
      Beda dgn SIM kudu dibuat sesuai KTP, jadilah minggu lalu balik cibubur buat perpanjangan SIM ke Satlantas Polresta Bekasi Kota. Ternyata rumah gw cibuburnya agak mepet ke bekasi selatan lohh ndah... *ehemm bisa ikut perkumpulan emak2 bekesyong dunk dirikuh inih..* *kemudian ditimpuk ulekan cabe* =))

      Delete
  8. kita ngantri aja suka males ya apalagi anak2.. emang berasa riweuhnya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betull...klo kita antri walo malesin masi bisa maklum & sabar, anak2 ? hiikkss

      Delete
  9. he he he iya yah, aku juga bolak-balik gitu pas buat paspr..capee deh cumannya gak pake jatuh segala xi xi xi xi..ayooo mau jalan-jalan kemana nie.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jatuh itu bener2 diluar kuasa aku jeng Fit ahahaha....

      Delete
  10. terimaksih infonyaaa,
    niat perpanjang paspor + skalian bikinin buat anakku jg. Semoga gak ribet, mo coba yg sistim online dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :)
      iya online lbh ringkes, dtg 1 x saja buat bayar-foto-wwncara. Good Luck ya mba Tika ^__^

      Delete
  11. Mau jalan2 kemana kakak? Aku ikut doooong.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke swediaaa... *ngarep* biar bs ktemu bebe + liat salju + maen sluncuran :D tapi tapiii kesana maunya jln2 aja ga pake kerja ya mwhihihi *colek suamikuh* :D

      Delete
  12. aku bikinin paspor nya millie pk birojasa krn mls antrinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pke birojasa cepet seleseinya ga pake ribet ya :D
      aku sok sok-an pengen bikin sendiri, punya byk waktu di rumah plus pengen ngirit sebenernya ahahaha

      Delete