Friday, January 11, 2013

Jappa - Jappa Ri Mangkasara'


Apa kareba? (apa kabar)
Baji baji ji... (baik baik saja)

Hihiiiy..belajar dikit2 bahasa daerah Makassar Sulawesi Selatan ni eykeh. Suka merhatiin abi lagi ngobrol dengan kakak atau adiknya di WhatsApp seringkali terselip bahasa Makassarnya. Saya bingung ngarti-in, soalnya jauhh bener dari bahasa Indonesia. Berbeda dengan bahasa Minang ato Palembang banyak orang yang ngerti, soalnya bahasanya mirip dengan bahasa Indonesia, tinggal ganti ujungnya sama huruf vokal "O' hehehe...

Paling dikangenin di Makassar itu makanannya :) Coto, konro, pallu basa, pallumara, pisang ijo, pallu butung, mie titi, ulu juku, barongko, pisang epe, gogos, dst...buanyiaakk! Kalo rindu makan konro / coto, abi biasanya melipir ke daerah Tebet, atau Kelapa Gading, ato gak di daerah Kemang dekat KMC, atau di BSD juga kita nemuin 1 rumah makan Sulawesi yang mantep banget masakannya. Di Bandung seringnya abi kangen sama mie titi, ngesot deh kesini di Jl Riau, atau ke RM Sulawesi di daerah Setiabudi deket Rumah Mode juga ok, tapi disana gak ada mie titi, paling yahud disitu es Pisang Ijo nya, top!

Mudik lebaran tahun 2012 lalu,  coto lah yang paling dicari abi.. Tapi tapiii rumah makan coto langganannya juga ikut tutup libur lebaran..hihihi...kacimaaan deeehh x_X

Ngomongin makanan pagi2 gini jd bikin peyut laper...Ya sud kalo gitu saya upload foto2 mudik Lebaran bulan Agustus 2012 kemarin ya..basi tauk!,biariin..hehe.. Sedikit menulis, banyakin foto, karena dari foto akan tergambar segalanya...aeeehhh paan sek ya iniih??? :) :)

*menuju airport*..
abi mo foto mbok ya behave dulu bentar jgn garuk2 idung sik -__-"
sambil nunggu boarding, pijit dulu di kursi pijet memijet... ;p
Sampai di rumah kakek,
Keisha langsung akrab sama kakek nenek :)
kakek pangku 2 cucu..kakak Aulia & Keisha :)
bergaya di  rumah TanJo (Tante Johar ) *yg pake baju merah-adeknya mama*

Terkocak mudik kemarin adalah abi nangkep ayam tetangga yang nyasar masuk ke ruang keluarga. Keknya ni ayam mo ikut nonton tv bareng deh ;p Setelah sruduk kiri kanan nungging atas bawah...yeeeaaaayyy ayamnya ketangkep! Suamiku tangkas dan cekatan sekali! *tak disangka* ha..ha..ha..

Begitu ayam sudah tak berkutik di tangan, abi sodorin ke Keisha yang baru bangun tidur, ya jelas anaknya takut plus jejeritaan...  huwaaa terpaksa emaknya turun tangan menenangkan sang anak.... -__-"

abi yang jail, anak ketakutan terus aja disodorin ayam o_O
sebelum ayam dilepas kembali ke rumah tetangga,
foto2 dulu donk buat kenang2an :))
Sebagai pelipur lara Keisha yang terkaget2 bangun2 disodorin ayam hidup, Keisha diajak naik bentor sama Nyaima. Nyaima belum pernah naik bentor. Bentor ini singkatan dari Becak dan Motor kali yaaa...*nebak ajah* soalnya dibelakang becak ada motornya, bukan dikemudikan dengan dikayuh seperti becak pada umumnya.

naik bentor keliling kota :)
mejeng sama bentor :) ;)

Tahun 2012 ada yang baru di Makassar yaitu ada Mesjid Terapung di pantai Losari. Mesjidnya berdiri kokoh diatas air laut.

@Masjid Amirul Mukminin

Foto-foto sebentar di depan Masjid Terapung, trus capcus ke pantai Galesong Utara (Galut) di pinggiran  selatan kota Makassar. Bagus pantainya, bersih, ada saung2, ada hotel, trus belum terlalu banyak pengunjungnya...cool!

pic taken from here

Anak2 udah gak sabar pengen nyebur. Oow bukan cuma anak, emak bapaknya plus kakek nenek  juga kepingin main air ..hihihi...

Abi gandeng Keisha & kakak Auli
yang udah gak sabar mo main air di pantai Galut



Keisha happy banget maen air disini. Dibawa abi sampai agak ke tengah pantai, Keisha senaaang skali :) Daanish juga gak mau kalah, sama kakek Daanish pun digendong sampai ke tengah, kira2 sampai air se-dada kakek. Daanish awalnya senang  tapi pas sampe tengah yaaahhh takut...peluk kakek erat-erat sambil jerit-jerit teriak panggil "Ammi, Ammiiiiii.." hiahahhaaa...

Setelah semua puas main air, pada bilas deh di kamar mandinya. Bersih, dan kamar mandi untuk bilasnya banyak.

Masih ingin bermain-main, kemudian anak2 berlarian di taman bermain. Yang paling ramai permainan motor ATV, antriannya panjang.

outbond area

Perhatikan gambar di bawah ini baik-baik... ada yang nangis takut naik motor ATV... hihihi...

1. siap-siap muterin track, masih sumringah, 2. mulai takut, 3. nangiiisss, 4. penonton kuciwa...yaaah..mari pulang :)

Ngadeeemmm... :) :)


Ada yg kecapean bis main, ngantuk, nyusu, mo boboookkk...
duh Keisha belum bisa move on dari botol susu :) :)

Info lengkap tentang Wisata Pantai Galesong Utara ini bisa di klik disini, disana & dimari. Ada websitenya juga di http://www.wisatapantaigalesong.web.id/home

Malamnya, kami dinner di RM New Dinar, ditraktir sama boss dari Sorowako yang juga lagi mudiks, Fafan & Ina  :)

Fafan & Ina


Indah bener deh makan malemnya nikmat, Alhamdulillah :) Apalagi di traktir pulak *elus2 perut* hihihi....

Oia, kalo saya di Makassar gak pernah lupa ke Pallu Basa jl Serigala..maknyuss! Dulu saya kesini tempatnya masih kecil, kaki lima gitu. Sekarang udah bagus, gak kaki lima lagi, tapi teteuupp masih ngantri juga sik..  Rasa kuah palbas rempah2 nan gurih, nyess masuk ke mulut..ada taburan kelapa digoreng / serundeng bikin kuahnya krenyes2 dan renyah. Poolll! Tersohornya makan palbas dengan 'alas'. Alas yang dimaksud adalah telur mentah, seperti ini penampakannya..

palbas dan alas ...sluurrpph, gak amis lho, endeuus beratz!

Mantab surantab dah ni, bikin tambah ngences ajeh eykeh nulisnya..hehe..tapi tapiiii berhubung sudah berumur, takut kolesterol mengintai, jadi saya gak mau pake Alas, biasa aja deh... Etapi tapiiii  Palbas nya campur ya mas pake jeroan, daging dan otak ya... mwihihihi sama aja donk doonkk... *ngikik kikikikiiikkk*

wisata kolesterol =))

Pulang ke Jakarta enggak lengkap kalo gak bawa oleh2 ya kan? Biasanya saya & abi beli oleh2 di toko Sulawesi yang terletak sesuai dengan nama tokonya yaitu di Jl. Sulawesi. Tapi mudik tahun ini, kami belanja oleh2 di Otak2 bu Elly Jl. Kijang. Sekalian disini  beli coklat made in Sulawesi, sirup markisa, abon ikan, kacang disko, minyak kayu putih, dkk

otak-otak bu Elly

Demikian cerita mudik Lebaran di taun 2012 kemarin. Knapa baru di tulis sekarang, alasannya sama seperti posting sebelumnya, em a ma el e les. Dulu males nulisnya ..panjang ajah gitu kan, hehehe...


PS: Merujuk pada judul di postingan ini, Jappa - jappa ri Mangkasara' artinya  adalah..."Jalan-jalan ke Makassar". ( ini boleh nodong abi minta tolong terjemahkan dalam bahasa Makassar ^___^ )

29 comments :

  1. ya ampun kasian amat keisha bangun2 ditakut2in pake ayam.. huahahaha...

    gua pernah beberapa kali ke makassar tapi kok lupa ya makan apa aja... rasanya makan seafood, trus konro...

    coto makassar malah pernahnya makan di jakarta. dan doyan banget! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeimm jail bener nakut2in pake ayam beneran -__-"
      makassar emang terkenal coto, konro & seafoodnya, gak afdol gak makan tiga2nya ini kalo ke makassar :D

      Delete
  2. sumpeeh deh gue ngileer ngeliat foto palbas sama alasnya bok... :D
    mesjidnya kereeen banget yaa..uniik ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. blm nemu palbas enak ni di jkt.
      iya Des, unik mesjidnya :D

      Delete
  3. asik bgt mudiknya...ih abinya jail bgt ya,,,masak nakut2in pakai ayam sie....

    ReplyDelete
  4. Wah suaminya orang makasar yah? keluarga gw ada beberapa yang disana, bahkan nyokap lahir disana hehehe

    Masakan makasar emg endang bambang bookk, resto paporit gw saat ini ya d BSD situ hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, asli 100% :))

      yg d BSD,ikan bakarnya yahud, sama ada bakso kotak sgala ya hehe..

      Delete
  5. serruu abis mudiknya..
    senangnya bis angumpul bareng keluarga ya Sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudik memang slalu ditunggu2, kumpul semua keluarga besar :D

      Delete
  6. Hiiii, aku juga sering maksi di deket KMC itu, fave coto ama buras :D
    Tapi aku cinta pisang ijoooo, enyaakk, kenyaaaang.

    Makassar bagus yah, panas gak dev?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dkt KMC emang jagoannya coto+buras..hadeeuw nyarap coto pagi2 gini mantep ni rel :)

      Makassar bambaaaanggg!... (bambang artinya panas wkwkwk)

      Delete
  7. aku mau palbas nyaaa :) slurrrrrppp ....pcc,, ahhhhhh

    ReplyDelete
  8. Duh menggiurkan......Aq jg suka makanan makassar. Yg di bsd namanya resto ujung pandang bkn?

    ReplyDelete
  9. jangan takut sama ayam, tinggal dimakan aja hehehe

    ReplyDelete
  10. Pernah nyobain palbas di Jkt, nggak terlalu suka. Kata temen gue yang asli Makassar sih emang gitu Dev, emang belom ada yang enak di Jkt.
    Masa mesti ke Makassar biar nemu yang enak :p
    Keisha jangan trauma ya sama ayam, ayam enak kok kalo dimakan, hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, belum nemu palbas enak di jkt & bdg, emang paling yahud di tempat asalnya Del ;p
      Keisha gak trauma, makan ayam goreng tetep sukaaa hehehe

      Delete
  11. ke pantai emang selalu seru yah!
    #eh, kok jadi pengen

    ReplyDelete
  12. wah .. banyka banget mbak foto fotonya, seru ya berkumpul bersama keluarga begitu

    aku malah belum pernah menikmati makanan khas makasar mbak, walau eprnah denger coto nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi jd malu kbanyaka foto ya :))
      kapan2 di cobain mbak Ely, ennaakkk ..slrrpphh....

      Delete
  13. kalo makanan khas makasar, aku paling suka pisang ijo...

    kapan ya bisa benar-benar ke makasar bukan hanya kenal lewat makanannya... #pengen jalan tapi gak modal..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. pisang ijo enaak...
      moga ntar dpt perjalanan dinas ke makassar ya sof, skalian jalan2 hihi..

      Delete
  14. aaaaa...aku suka palbas itu, tapi nggak pakai telor hehehe
    jadi pengen ke makasar lagi.
    btw salam kenal ya mbak
    Aku Fani :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka smua, pake telor ato gak, enak smuaa.. hihihi *agak maruks*
      salam kenal Fani... trimakasih sudah berkunjung :)

      Delete
  15. artikel yang sangat menarik , terimakasih ..

    ReplyDelete