Friday, June 21, 2013

Bye Bye Bau Pete!

Ya ya ya.... ada yg doyan pete, ada yang enggak. Kalau saya sendiri terakhir makan pete waktu SMP. Widiihh udah berabad2 yang silam deh tuh. Ketika itu saya tinggal di Padang Sumatera Barat (SumBar) selama 4 tahun ikut ortu tugas. Masyarakat SumBar umumnya doyan buanget makan patai jo jariang (pete & jengkol). Pokoe kalo ke pasar pasti udah biasa liat pete & jengkol bergelimpangan dimana-mana.

Ibu saya walopun bukan orang Minang suka pete, bapak saya kebalikannya, benci pete. Alasannya so classic, bau! Jengkol a.k.a jengki gimana? Seumur2 ibu saya belum pernah masak jengki. Makanya gak ngaruh juga harga jengki sekarang naik di pasaran hehehe..

Balik ke soal pete, dulu kalau bapak saya tugas keluar kota 3 atau 4 harian, barulah ibu saya masak pete. Masakannya lezaattt sekaliii... Petai dibagi 2 digoreng sama kulitnya, kemudian di bumbui cabai merah dan dicampur dengan teri nasi.. Hwaahh ter-hurrah,,, nikmat benerrr, makannya bisa nambah2 mulu wkwkwk.. *cieee nostalgia gini dirikuh :)) *

Setelah makan pete, oleh ibu saya kita anak2nya diwajibkan makan mentimun 1 bijik. Dikunyah2 gitu mentah2. Selanjutnya gosok gigi sampai bersih, supaya nafas segar tak berbau. Ampuhkah cara ini? eenngg honestly, enggak juga sik, tetep ada semriwing2 bau pete ketika kita berbicara. Buang air kecil pun bikin toilet jadi harum semerbak mewangi pete..hihihi...

Jadi inget, dulu ketika saya belum menikah dan masih bekerja, ada 1 teman sekantor doyaaannn buanget makan pete ama jengkol. Orangnya cantiiikkk, gak nyangka deh kalo dia demennya pete dkk. Pernah di suatu lunch time kita makan siang di warung Sunda, dia makan pete mentah semangkuk gede doonkk...OMG! Padahal dese itu sekretaris bos loh, yang mana abis dari lunch itu kita akan kembali ke office dan bertemu+berbicara dengan orang2 disekitar kaan hahaha.... Kiatnya menghilangkan bau naga pete adalah minum soft drink Coca-C*la dan merokok! Katanya itu ampuh banget menghilang bau pete dimulut. Bener enggaknya saya belum pernah coba hehehe

Nah, gegara saya & abi nyobain nasi goreng pete termasyur se-Bogor Raya di pasar apung Ah Poong, saya pun kemudian gugling cara ngilangin bau pete yang paling mujarab itu kek gimana sik? Saya & abi clueless. Lah abi kan selama ini melengos ogah cicipin pete -___-". Tapi ntah kenapa hari itu keknya kesambet jin di Ah Poong kali ya, abi pecah telor tetiba makan pete sodara2...hihihi... Penasyaran mungkin rasa nasgor pete yang tersohor ini sepegimana endeusnya :))

Hasil nanya ke mbah Google dapat macem2 tips, tapi yang super duper ampuh adalah dengan minum 3 bijik Vitamin B complex untuk menghilangkan baunya, lalu minum kopi supaya pipisnya berganti dengan bau kopi, habis itu gosok gigi terus berkumur2, beres, selesai :))  Dan itu terbukti! Saya mencobanya dan berhasill... horeeeehhh..... :)))

Saya beli vitamin B complex di apotik, dan minumnya cuman 2 bijik saja juga udah okeh tuh. Trus kopi cari yang simpel karena gak punya kopi di rumah, jadi beli kopi kotakan yg udah jadi aja, 1 buat abi, 1 buat saya..hihihi... beneran mujarab! tak ada bau pete yang tertinggal ^__^

2 or 3 butir vitamin B complex +  kopi  :D

Teman2 punya tips lain cara jitu menghilangkan bau pete or jengki? bagi2 duunkk ^__~

49 comments :

  1. Hihihi iya ya klo di Sumbar itu emang patai jo jariang dimana2, malah ada juga kerupuk jariang yg digoreng trus dibalado. Kmrn waktu ke Sumbar, temen2 ada yg nitip kerupuk jariang, aku sndr ga cicipin abisnya suka bingung ngilangin bau toilet, aku sih suka Pete ama jengki tp sejak merit dah jaraaaaang makan soalnya suami ga suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. mwahahaha dpt salam dari karupuak jariang :)) kalo ada yang ke Sumbar mending titip keripik sanjai ajahh enakk ga bau wkwkwkwk

      Delete
  2. Huaaaa....tips berguna ini kalo mo bikin sambel goreng ati pete lebaran nanti.
    Thanks ya Dev, karena udah gugling hal berguna kayak gini dan TFS...*ketjup*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi anytime..
      silahkan dicoba kakakk.. smoga berhasil... *ketjup balik*

      Delete
  3. Makan kopi bubuk mentah2 ajah manjur kok menghilangkan bau pete di mulut...hi hi doyan juga, walaupun makannya jarang2 aja, maklum deh orangtua kan orang minang sukanya jariang (atawa jengkol), tapi anak2 cuma dibolehkan makan patai ajah, katanya biar gak bau dan dulu tuh belum tau deh kalau makan kopi bs ngilangin bau jengkol dan pete itu....

    ReplyDelete
    Replies
    1. oya.. kopi bubuk mentah2 dikunyah2 gitu ya jeung.. boljug tu dicoba, jd ga perlu beli vitamin B complex di apotik hehehe

      Delete
  4. Akuh tak suka pete, meski ga tau juga kenapa ga suka...blom pernah nyobain makan juga soalnya wekekkekeke....
    Kopinya manjur mungkin karena merk kopinya produk kami ya Deeeev.. *promosi promosi... nyiahahhahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Reeyy,bagemana inii...biasanya orang Sunda kan demen petee..wkwkwkwk....
      eaaaa promosi terselubungg :)))

      Delete
  5. wah .. aku dah lama ndak makan pete mbak, kalau makan sambal goreng yg ada peteny apasti kusisihkan, nggak bgt suka :)

    ReplyDelete
  6. waa keren nih tips nya, kalo aku biasa nya abis makan pete suka gosok gigi, iya tapi ya gtu ilang nya cuma pas waktu gosok gigi ajah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi eeimm gosok gigi doank gak ngaruh de, harus pake tambahan plus plus :D :D

      Delete
  7. oooo ngono..hihihi boleh juga nih dicoba..secara di rumah juga suka banget ama pete...;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkeun dicoba Des, smoga cucok ;p

      Delete
  8. waaahhhh ga make timun lagi yah kak sekarang hehehe :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. timun mah so yesterday dek.. lagian mama udah gak pernah bikin pete teri semenjak pindah dr Padang hehehehee

      Delete
  9. sangat2 gak suka pete! hahaha.
    baunya gak tahan. :P

    inget2 pernah mesen nasi goreng di salah satu restoran, udah dipesenin gak mau pete. eh tetep dianterinnya pake pete. udah gua buang2in petenya tapi seluruh nasgor nya udah terlanjut bau. jadi gak bisa makan. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah napa yg dtg pake pete lagi.. restonya spesialis bikin nasgor pete kali ya ahahaha..

      Delete
  10. seumur hidup malah blm pernah liat yg namanya JENGKOL tuh kayak apa :lol:

    ReplyDelete
    Replies
    1. hiaaa di sby ga ada jengkol kah tyk? kalo di padang suka dipelesetin "piriang tabang" (piring terbang a.k.a UFO), mirip2 gitu bentuknya bulat2 pipih wkwwkwkwk

      Delete
  11. huaaa penggemar pete pasti bakal suka tip ini.

    hmmm apa kl gitu sy harus nyoba makan pete, ya? krn selama ini sy gak mau hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha mari mari dicoba mbak chi.. abis mkn pete, langsung minum vit B complex + kopi, insya Allah manjuurrr :))

      Delete
  12. wah...bagus sekali Dev, cocok buat yang suka pete
    kalau aku sih cuek aja soalnya, asal siram banyak-banyak, hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. siramnya berapa ember luk? :))
      aku pernah hampir ngabisin air se-bak mandi, gak ilang2 jugak tuh si bau pete. akhirnya kamar mandi di guyur pake karbol buat ngepel lantai baru deh ilang baunya..hahahahaa

      Delete
  13. Gue juga suka pete, suami juga. Tapi gk kalap sih, paling satu papan doang, jadi kayaknya baek-baek aja, hihihi..
    Biasanya gue cuma banyakin minum aer putih biar pipis dan berdoa moga baunya keluar dari situ semua. Dan sikat gigi trus kumur-kumur juga. Kopi mungkin sukses, kalo aja gue gk maag akut :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. walo makan 'cuma' 1 papan tetep bauuu... hahahahaaa..

      Delete
  14. Aseeeeek kamsya, Devaaaa aku suka banget makan pete tapi sejak merantau (kuliah) gak berani secara inget bangeeet baunya kamar mandi abis makan pete macam mana. MAmakku dulu nyuruhnya makan beras, buat bau mulut mungkin hokeh ya, tapi buat kamar mandi kagak tuh. Hubby benci banget bau pete. Makasih Deeev, aku nanti pas liburan berani makan pete ah hahahahaahh tanpa takut jadi gak disenggol suami beberapa hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan di coba mak Sondang... colek2 Hubby juga sapa tau jd mo ikutan ngemilin pete, kan kaan udah ada 'penangkal'nya nih hahahahaa..

      Delete
  15. infonya top banget mbak,meski bukan pete mania tapi boleh juga tipnya buat keluarga...

    salam kenal mbak deevvv.

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih sudah berkunjung...salam kenal kembali mbak aniiiss :-)

      Delete
  16. aiih bogor jadi kenangan 2 tahun yang lalu :D tapi ngomong-ngomong pete dan jengkol aduh entar dulu deh.. so classic juga baunya itu saya g tega untuk memakannya.. maafkan saya bila harus blacklist pete dan jengkol dari menu makan saya :D salam kenal dari papapnya arfa

    ReplyDelete
    Replies
    1. cieee ada apa tuu di bogor 2 th lalu? ehem ehemm...
      udah ada penangkalnya nih papz, cobain doonk..hihihi..
      salam kenal kembali buat papapnya arfa, dari amminya keisha & daanish :-)

      Delete
    2. hehe dr th 2008-2011 saya kuliah n kerja disana :P
      iya seh tapi kalau makan mentah gitu aja kayanya mikir-mikir hehe
      hai keisha dan daannish main yuk ke cirebon ..

      Delete
  17. Aaakk..aku tak suka peteee, dan untungnya dapat suami yg gak suka pete juga, jadi amanlah dapur dan kamar mandiku dari bau pete..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. beruntunglah kompak suami istri ga suka pete. eh tapi boljug tuh cobain dikit mb Allisaa..kan udah ada cara manjur ngilangin baunya..hihihi..
      *kemudian dikepruk! lah udah dibilang gak suka pete masa dipaksa makaninnya yaa :))*

      Delete
  18. Aku ga pernah suka pete Dev.. hahaha.. sama kayak Arman, udah keburu ilfil duluan sama baunya.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kali aja pas hamil sekarang jadi doyan pete be? *mana mungkiiiin* *__~

      Delete
  19. Ehm. Pengakuan deh dimari, sayapun sebenernya sukak peteh. Tapi gimana ya. Hihihi
    Makasih banget tipsnya loh, tapi selain kopi ada lagi ga caranyaaa? Soalnya punya magh yang bakalan ngamuk kalo kena kopi dalam jumlah berapapun, huhuhu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk endeus ya pete itu, walo deg2an makannya takut bau naga :)) minum vit B complex aja mas Dani, ga usah pake kopi, urusan mulut teratasi, tapi dikamar mandi teteuup sih ya hekekekee. Ada komen dari Sondang--> "makan beras, buat bau mulut mungkin hokeh ya, tapi buat kamar mandi kagak tuh". boljug tu dicoba, hhmmmm yah tapi sama aja yak.. huhuhu...

      Delete
  20. yah mantap tu saran dari mba sekretaris...habis makan pete, minum soft drink coca cool... ^__^ trus merokok...yaah ganti jadi bau rokok ... ^___^

    kalau saya jarang makan pete, tapi senang juga dengan rasanya yang khas....menambah nikmat dan nafsu makan....

    ReplyDelete
    Replies
    1. eeiiiimm... genti bau rokok ya, tapi apakah memang ampuh itu rokok ngalahin bau pete ? *yah kok jd balik nanya hehhehe*

      Delete
  21. haaaaa kalo ilangin bau toilet krn pete sikat kloset atau lantai dengan pasta gigi plus sabun cair ato dtergent, usahakan bagian yg terkena baik kloset ato lantai terkena formula diatas, sikat bentar, siram. ilang,,, ne caraku. ampuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaahh saya malesin gosrek2 klosetnya.. kan mesti di sikat sekuat tenaga tu biar ngacir baunya kan ya? hehehehhee *kemudian disambit sikat wc* :))

      Delete
  22. apa nggak over dosis tuh gan makan vitamin B langsung 3 biji? hmmm

    ReplyDelete
  23. kalo cara menghilangkan bau jengkol sama juga gak kaya cara ngilangin bau pete? thanks

    ReplyDelete