Friday, January 24, 2014

Bubye Nenen...!

Awal November 2013 yang lalu, saya berkunjung ke blognya Desi mama Radit. Wiihh hebriing, Radit sukses berhenti nenen! Kelar baca, terpacu kembali semangat menyapih yang mulai padam. Abisan Daanish sejak bulan Juli sampe November belum berhasil juga disapih ..ihikksss.. Udin 2 tahun lebih khan tuh umurnya. Daanish lahir 7 Juli 2011.

Selama ini saya mencoba dengan sugesti dan hipnoterapi. Diberi kata2 ato kalimat2 positif  setiap saat & sebelum tidur yang diharapkan anaknya paham dan stop nenen dengan sendirinya. Dan ini TIDAK BERHASIL! Pernah saya upload video Daanish lagi sakaw nenen disini. Itu waktu awal proses weaning ketika Daanish berusia 2 tahun pas. Ya begitu terus deh tuh selama 4 bulan, tiap mau tidur nangis2 minta nenen o__O

Banyak saran dari teman dan saudara, ada yang bilang dikasih yang pait2, dikasih jamu lah, kasih brotowoli lah,  puting pura2 berdarah dikasih obat merah a.k.a betadine, trus ada juga yg nyuruh diplester aja biar anaknya kasian trus berenti nen dll dst dsb hehehehe...

Tapi kok ya agak susah ya cari yang pait2, lah saya gak doyan jamu, trus cari buah ato sayur pahit ke tukang sayur itu pe-er benerr -__-" Kasih obat merah or plester /band-aid agak berat hati saya, mana kalo di plester kan ntar yang sakit pasti emaknya pas nyabutin plesternya itu khaaannn?! hihihihi...

Nah trus saya inget, pernah ngobrol sama salah seorang ortu murid di sekolah Keisha. Beliao berhasil menyapih anak hanya dengan secuil Pasta Gigi

Ahaaa.. super gampil ini mah. Weaning with love bermodalkan pasta gigi...hehehe... Bahannya ada di kamar mandi, tinggal oles aja. Inget banget itu tgl 2 November 2013 , 1 hari setelah baca postingannya Desi. Dengan semangat 45 plus deg2an, saya oles tu odol bin pasta gigi ke puting, sedikiit sajaaa... Oia Pasta gigi or Odolnya buat orang dewasa ya, jangan yang buat anak2, gak mempan ntar soalnya kan ga berasa mint kalo yang buat anak2.

Hasilnya, begitu Daanish minta nenen, ohooooooo meringis dia, mulutnya megap2, matanya berair...Trus saya nanya, "Kenapa Nish, nenen Ammi pedas ya?" Daanish pegang2 mulutnya sambil teriak "pedes..pedess!!!". Lihat Daanish kek gitu langsung saya ngomong lagi. "tuuh kan Pedas, itu tandanya Daanish sudah besar, harus minum susu di gelas ..kalau di gelas enak, manis, gak ada pedasnya". Bistu saya kasih nenen lagi, Daanish menolak, dia bilang, "pedes!" sambil matanya merem, mulutnya di tutup gak mau nenen. 

Seharian itu, tiap dia minta nenen, begitu liat saya, langsung dia buang muka, trus tutup mulut sambil bilang pedas! ahahahaha........ 

Dan seterusnya sampai sekarang Alhamdulillaah akhirnya berhasil berhenti nenen deh Daanish. Horeeeeeee!!!

Horeee udah lupa sama nenen.... *emak happy* :))

3 hari saya olesi dengan odol tipis2, selebihya bebas merdeka, tak perlu odol2an lagi hihihi..

Jadi buibu, jikalau sudah mencoba berbagai cara agar anak berhenti menyusui, berhenti nenen, tapi belum berhasil, bisa coba cara ini, tips menyapih toddler cukup diolesi oDoL saja :)) Semoga berhasil  yaa....^__^





22 comments :

  1. hehe..dah besar masih nenen.. buatkan adik lagi mba.. pasti si dede timbul rasa tanggungjawabnya ama si ade.. bisa buat alasan jg tuh.. tapi skrg dah gak nenen lg kan? sukses dgn triknya..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu memang cita2 pingin punya anak 3, tapi makin kesini keknya cukup deh 2 aja hehehehe...

      Delete
  2. Selamat ya Daanish udah gak nenen lagi sekarang

    ReplyDelete
  3. Hihi lucu deh Daanish, selamat ya.. sudah sukses mbak, gimana ya nanti Kynan tapi masih lama sih, sudah menyiapkan bekal dari sekarang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasih mbak Nophi :) Masih lama sih, santaaii..

      Delete
  4. hahahaha, baik.. nti klo ade nya millie lahir dan mau nyapih, eike akan mempraktekan nya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo terpaksa banget jalan terakhir pake odol hahahhaha..

      Delete
  5. Oohh klo aku dulu aku olesin selai stroberi hihohi...si alisha serem liat merah2 dikira darah

    ReplyDelete
    Replies
    1. boljug tu pake selai stroberi, enaak maniss.... ga perlu obat merah macem bet*dine yaa

      Delete
  6. wah daanish dah gede ya..gak mau nen lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah gak nen lagi, khan udah 2tahun 6 bulan xixixixi

      Delete
  7. kalo Samara sukses weaning with love di usia 2 tahu 9 bulan dan alhamdulilah tanpa drama, cuma butuh keyakinan, keteguhan hati dan kesabaran pastinya.

    Dannish sekarang minum susu pake gelas yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya skrg pake gelas, tapi seringnya minta susunya diminum pake sendok ..hekekekkek...
      wah lama juga ya Samara nennya. Daanish berhenti umur 2 tahun 4 bulan. emaknya ga sabaran, jd deh pake odol ihiks

      Delete
  8. wik... Danish tambah ganteeeng.... pasti ini gara2 odol! *gak nyambung*
    senyumnya sumringah ya..... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahahha pake odol biar ga bau naga, jd tingkat kegantengan bertambah... *makin ga nyambung* :)))

      Delete
  9. Lahhh...aku nulis Belon kelar Sudah kepencet deh. *toyor2 tab*
    Jadiii, aku tadinya nyapih Kira susah banget. Terus Ada satu masa di mana aku sibuk banget, gak sempat nenen lah pokoknya. Akhirnya berlanjut sampe sekarang gak nenen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat Kira, berhenti nen sendiri... *kasih jempol*

      Delete
  10. Replies
    1. saya belum nyoba lipstick, langsung pake odol hehehe

      Delete
  11. hahahaha Alhamdulillaaah yaa mak Dev..... cara nyapih anak emang macem2 deh.. tinggal pilih yang cucok ama anaknya..
    dan yang terpenting anak masih deket ama kita walopun udah berenti nenen...waktu itu akika sempet takut, kalo Radit ga bakalan deket lagi ama mamanya karna udah ga nenen, tapi ternyata sekarang malah lengkeeet banget...kalo tidur maunya dipeluk2 sama mamanya..hihihi

    selamat ya mak Dev & Daanish..:*

    ReplyDelete
    Replies
    1. trimakasiiih Desii.... iya bener, sempet khawatir Daanish sebel sama emaknya.. ternyata salah, anaknya tetep nempel kek prangko sama eikeh, kalo tidur maunya tetep dikelonin hihihi

      Delete