Friday, February 7, 2014

Tiroid?

2 hari kemarin saya resah dan gelisah bwihikhikks...Akhirnya saya memberanikan diri pergi ke dokter spesialis Tiroid. Ibu saya sejak th 2007 selalu bilang leher saya membesar. Beliau lihat salah satu foto prewed, terlihat leher bagian depan seperti bengkak. Tapi saya selalu denial, "Gak kok ma, ini karena bayangan, jadi keliatan besar lehernya". Saya perhatiin di depan cermin, baek2 aja sik leherku, gak gede samsek. Nanya sama abi, dibilang juga gak besar, normal. Jadi ya sud saya gak ke dokter untuk periksa, lah orang lehernya fine2 aja kok..

Yang belum tau apa itu tiroid, tiroid adalah kelenjar yang terdapat di leher bagian depan, bentuknya seperti kupu-kupu. Bahasa awam sering kita sebut penyakit gondok. Untuk lengkapnya bisa cari di mas google yaa..hehehe....

Ketika hamil pertama bulan Februari th 2008, keluar flek setiap hari. Di USG, waah hamil anggur, harus segera dikuret. Sehari sebelum kuret cek ke dokter Anestesi dulu kondisi tubuh, plus di rontgen torax, terlihat bagian kanan leher sedikit membesar. Tapi kata dokter, orang hamil biasanya leher membesar, nanti juga kecil sendiri sesudah melahirkan. Okeh saya santai deh...

Th 2009 hamil Keisha, tumben2an ibu saya gak ada komentar apapun tentang leher saya. Naah trus mulai ceriwis lagi th 2010 pas hamil Daanish,  tetiba ibu saya lagi2 bilang leher saya seperti bengkak. Yawudah, sekalian kontrol bulanan di Obgyn tak tanyain kondisi leher saya ini, jangan2 sakit tiroid seperti prasangka ibu saya. Dokter tekan2 leher saya, disuruh menelan ludah, dokter memperhatikan leher saya, beliau bilang baik2 aja tidak ada masalah dengan tiroid. Siiippp saya santai lagiiii...

Secara kasat mata memang tidak ada tanda apapun. Leher saya pun tidak ada benjolannya. Namun kalau mendongak ke atas, leher bagian depan seperti agak bengkak sedikit. Obgyn bilang itu karena badan saya yg bongsor, ya sesuai lah badan gede makanya lehernya juga agak besar hehehehe...

Nah trus ketika bulan puasa 2013, reunian buka bareng sama temen2 lama. Pas lagi ngobrol2 gitu, tau2 ada seorang teman nanya ke saya, punya sakit tiroid ya? soalnya dia lihat leher saya sepertinya besar. Kebetulan teman saya ini memang sakit tiroid, sudah di operasi th 2012 lalu. Sejak di operasi itulah dia sering merhatiin leher orang2 disekitarnya :)

Teman menyarankan untuk segera periksakan diri ke Prof. Dr. Johan Masjhur di Kimia Farma Dago. Katanya itu dokter jago banget soal thyroid.

Time flies, sekarang sudah menginjak bulan ke-2 di tahun 2014. Walau tidak ada keluhan apapun, tergerak hati ini untuk segera memeriksakan kondisi leher saya ke dokter Johan. Aslii saya takuuttt... takut hasilnya jelek, takut suara hilang, takut kalo di operasi nanti anak2 siapa yg jagain ..huuhuhuu...

Bismillahirrahmanirrahim. Senin 3 Februari 2014 saya nekat  ke dokter. Abis boseenn dibilang sama ibu saya "lehernya kok kayak bengkak" :( Cari di google gak nemu nomer telphonenya dokter Johan. trus saya tanya 108, no telp Kimia Farma Dago Bandung, di kasih 4 nomor telphone tapi gak ada yang nyambung satupun o_O

Weslah, saya langsung datang aja ke tempat praktek Prof Johan. Jam 5 sore udah nangkring cantik di klinik. Beliau mulai praktek jam 4.30 sore. Yakk kebagian nomor 30 sodara2! Lama ituuuu! Harusnya biar dapat nomer antrian awal, daftar by phone dulu di 022-4205421.

Beruntunglah karena sore itu hujan deras, banyak pasien gak datang. Jadi saya bisa nyelip masuk ngisi di nomor yang kosong. Yah tapi tetep aja sik kebagian masuk jam 7 malem hehehe.. Pasiennya jauh2 lho, ada yg dr Solo, Jambi, Bangka, Lampung, Jakarta, bahkan kemarin itu ada yg dr Kalimantan! widiiih...

Di dalam ruang praktek, saya diperiksa dengan seksama oleh Prof Johan. Tekan leher kiri kanan, menurut beliau, ada pembengkakan tiroid tapi kecil,  supaya lebih pasti, saya diminta untuk USG thyroid & tes darah TSH di Lab. Dan besok kembali lagi bertemu beliau untuk lihat hasil labnya. Sebelum keluar ruangan bayar dulu jasa dokter langsung ke beliau sebesar Rp 300.000,- . Ampyuuuuunn mihil bingiittss! hik hiikks.. Saya minta kwitansi untuk reimburse di kantor suami....Semoga diganti full sama kantor ya Allah.. *doa khusyuk*

Esok pagi saya ke lab Pramita jl RE Martadinata Bandung. Ambil darah & lanjut USG tiroid. Baru tau ternyata usg bukan cuman di perut ya.. Leher juga bisa di usg, persis kek USG kehamilan, di oles gel dulu di leher trus mulai deh di usg.
 

tes TSH & USG Thyroid Rp. 610.000,-
ambil darah

Kelar semua nanti sore ambil hasilnya trus capcus ketemu Prof. Johan lagi. Deg-degan banget penasaran hasilnya bagemana... Waktu di USG, dokter di Lab Pramita bilang di tiroid kanan ada pembengkakan sebesar 1,5 cm dan di kiri sebesar 1 cm. Itungannya kecil, gak perlu khawatir.. gitu kata dokternya... Yaah tapi kan tetep aja si akuh atuuttt...huhuhu....

Tiba di klinik Prof Johan, hyukk rame! Berusaha tenang, saya ngobrol sama pasien di sebelah, mayan juga jadi agak santai, gak terlalu kepikiran lagi hehehhee.... 

Giliran saya masuk ke dalam. Prof Johan  minta hasil labnya. Pertama yang dibuka oleh beliau adalah hasil USG. Beliau cuma baca hasil diagnosa dokter yg USG di Pramita. Kertas USG yang ada 8 bijik gak dilirik sama sekali. Saya tarik nafas dalem2...dan kata pertama yg keluar dari mulut beliau... "ah biasaa" .  Maksudnya apaan tu "biasa"??? Ternyata hasilnya tidak mengkhawatirkan, pembengkakan kelenjar hanya sedikit. Kemudian beliau beralih lihat hasil cek darah, aman dalam batas normal. Bayang2 kudu operasi hilang sudah..Alhamdulillaah...

hasil usg

hasil tsh







Saya diberi obat yang mesti diminum selama 3 bulan setiap pagi sesudah bangun tidur. Obatnya ini untuk menormalkan kelenjar tiroid yang membesar. Diharapkan kelenjar mengecil kembali ke posisi normal. Insya Allah...Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Euthyrox



Keluar dari ruang dokter, maaakkk berasa ringaaan banget badan ini melangkah. Gundah gulana sirna seketika. Meluncur pulang ke rumah dengan riang :-)  Trus truuss karena hasil dokter mayan bagus, diluar ekspektasi saya yg udah mikir mesti operasi,  malam itu juga di perjalanan menuju rumah, saya mampir bentar untuk menghadiahi diri sendiri makan steak di resto steak ter-Yahud se-Bandung Raya, Karnivor!  hihihi.... mari makaannn....

beef cordon bleu & thai ice tea! enak maksimal! :))


Sendirian masuk cafe, cueekkk... sok percaya diri aje deehh... Yang jelas dinner malam itu berasa nikmaat sekaliii :))

Bagus udah ketauan dari awal ya.. Kebanyakan pasien datang ketika leher sudah amat besar. Penampakan leher saya seperti yang barusan saya tulis diatas,  biasa aja tidak ada benjolan. Tapi kalau menengadah ke atas, barulah kelihatan seperti agak bengkak gitu...

Special Thank You tak terhingga untuk my mom, yang udah concern nyuruh anaknya cepet2 ke dokter :) Gangguan tiroid yang saya alami cepat terdeteksi berkat beliau. Feeling ibu itu memang kuat ya.. I love you, Mom ^__^










29 comments :

  1. ikutan seneng hasilnya gak kenapa2 ya... :)
    itu merayakannya kok gak ngajak suami dan anak.. huahahha :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. suami jauh, anak di rumah ..yowes makan sendiri ajah ahahaha..

      Delete
  2. Alhamdulillah yah hasilnya baik2 aja mba..

    Duh itu enak banget makanan buat hadiah diri sendiri, udah gitu dimakan sendirian pula :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. makan sendirian jd puas makannya, ga malu2 kalo mo nambah yah :P :P

      Delete
  3. bacanya ikut deg2an ini mak Dev...tapi Alhamdulillah ga seserem yang dibayangkan yaa... :,)
    emang feeling ibu tuh juara banget banget.. :)

    sehat2 terus ya maaak... ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... trims makDes..sama2 sehat terus ya BuMil.. ;))

      Delete
  4. Semoga lekas sembuh ya, Dev.
    gw banget tuh suka parno kayaknya kena penyakit apa, tapi suka takut ke dokternya.
    Kayaknya takut belon siap denger hasil diagnosa dokternya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin,trims Indah :-)
      Gw juga takut, ini ke dokternya pun ditunda2 mulu -__-'

      Delete
  5. Alhamdulillah :D ooh paling yahud sebandung di karnivor itu yah? noted

    ReplyDelete
    Replies
    1. nti kalo ke bandung cobain ke Karnivor deh mba Dian... motonya aja bikin ngences.. "let's meet our meat!" :D

      Delete
  6. alhamdulillah gak pa pa....

    jeng, syerem bgt kok mau disuntik masi bisa foto sie..kalau eike dah merem siap2 mau nangis he he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas masukin jarum suntiknya aku merem gak berani liat, begitu jarum udah masuk ditangan baru deh berani liat plus foto2 dikit hehehehe

      Delete
  7. Mother's instinct ♡¡♡, jadinya gapapa ya kak? Alhamdulillah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah.. trims Dek... nanti 3 bulan lagi kontrol dokter, moga2 kelenjar tiroidnya udah normal ga bengkak lagi hehehe..

      Delete
  8. Huaaa....alhamdulillah ga kenapa2 ya, ikutan deg2an baca hasil tes dan diagnosanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims Vera... Alhamdulillah baik2 aja, nanti 3 bulan ke depan kontrol ke dokter lagi :-)

      Delete
  9. Alhamdulillah ya mbak.. ketahuan sejak dini, memang ya kalau urusan dengan dokter smapai harus nge-lab itu bikin deg-degan... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangeett... udah mikir yang nggak2 aja yaa.. hiks...

      Delete
  10. Replies
    1. ga tahan soalnya terus2an di bilang sama ibuku 'lehernya kek besar' , jadi deh akhirnya beraniin ke dokter juga hehehe..

      Delete
  11. Alhamdulillah gak pa pa ya Dev
    duh beneran deh, yang paling tahu kita itu ya Ibu sendiri....
    bahkan saat kita sendiri aja gak sadar, Ibu memperhatikan kita :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Luk.. Ibu itu memang segalanya. Segala bisa, plus segala ngerti kondisi anaknya luar dalam.

      Delete
  12. alhamdulilah baca blog teh deva, sy juga mengalami yg sama spt teh deva cuma feeling saya baru 1bulanan leher sedikit membengkak :) barusan sy telp apoteknya yg teteh kasih tp ga nyambung nyambung. mending saya langsung ke sana aja ya sis? hari apa aja Dr. Johan praktek di dago sis? sy di jatinangor. hatun nuhun teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa susah nyambungnya, dtg langsung aja, tapi siap2 antri panjaangg hehehe.... Prakteknya sekarang pindah ke kimia farma belakang holland bakery arah BIP. Soalnya tempat prakteknya yg lama di dago lagi di renovasi. Kalo ga salah tiap hari praktek kecuali weekend & hari libur. Semoga ga ada apa-apa ya teh Ipot... cepet sembuh :-)

      Delete
  13. mbak nama saya Aling, alhamdulilah mbak gpp. Ibu saya juga mengalami hal yg serupa seperti mbak tapi kelihatan ada benjolan kecil di leher sebelah kanan. hasil tes darah dalam batas normal tp tes lainnya belum.

    mbak yg mau saya tanya sekarang tyroid mbak sudah normal dgn konsumsi obat-obatan dr dokter? dan sembuh total dari tyroid? atau ada/konsumsi obat tambahan mbak?

    saya takut,parno, segala macem dah. saya mau Ibu saya sehat-sehat aja.. doakan ya mbak :)
    oke maaf banyak pertanyaan hehehe. tp plis jawab ya mbak :):):)
    terima kasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  14. artikel yang sangat menarik , terimakasih informasinya ..

    ReplyDelete
  15. Kak boleh tanya kah. Setelah ada hasil lab dan kembali ke prof johannya apa bayar dokter nya lg?

    ReplyDelete
  16. Kak boleh tanya kah. Setelah ada hasil lab dan kembali ke prof johannya apa bayar dokter nya lg?

    ReplyDelete
  17. Bismillah, boleh tahu sampai skrg bgmn kondisi benjolan nya ? Apakah msh konsumsi eutyrox ? Istri sy jg barusan keluar hasil nodul struma multiple 1-2 cm. Terima kasih

    ReplyDelete