Friday, March 28, 2014

Burung Nuriku

Keluarga besar saya punya binatang peliharaan, lucu sekalii.. namanya Unnie', tapi sering juga saya nulisnya Unik. Dia adalah seekor burung nuri Ternate berkepala merah dengan sayap dan ekor berwarna hijau kekuningan. Unnie' lucuuu sekali, ceriwis banget karena dia sudah pandai berbicara.

Diberi nama Unnie' gak sengaja. Itu plesetan dari Nuri..Nuri..Nuri... biar imut di genti jadi Unnie'..Unnie'..Unniek... :))

Saya masih ingat pertama kali bertemu Unnie' di tahun 1994, sepulang sekolah saya menemukan sangkar burung putih tergantung di garasi belakang rumah. Iihh ada burung merah besar lincah bener loncat kesana kemari. Papa saya membeli burung Nuri ini di Pasar Pramuka Jakarta Timur, umurnya ketika itu sekitar 6 bulanan dan belum bisa berbicara.

Saya ingat Unnie' kecil suka sekali makan kemplang, sejenis krupuk ikan dari Palembang. Dipatuk-patuknya kemplang yang agak keras tsb, digenggam bergantian dengan kakinya sebelah, lucu skalii...

Kata pertama yang Unnie' keluarkan dari mulutnya yaitu "Assalamualaikum!" Suaranya amat lantang dan nyaring :-)

Selain itu kata-kata yang bisa Unnie' sebutkan; Gile benerr! Wow Keren!, Hallo cewek! Uhuyy, punten, Kak Depa bangun! Depi, Detriii, Pancasila..satu, Cik Tiimm (cik Tim nama tante saya adiknya papa, dulu waktu masih single tinggal bersama kami, beliau rajin ngajarin Unnie' bicara :), dan masih banyak kata-kata lainnya.

Unnie' juga bisa bernyanyi lagu topi saya bundar. Tapi syairnya diganti.. "badan unnie' lucuu..lucu badan unnie..kalau tidak lucuu.. bukan unnie sayaaa!".

Unnie' tiap pagi dan sore selalu minum susu. Tiap dengar bunyi sendok diaduk-aduk di gelas susunya, Unnie pasti langsung mendekat sambil persis menirukan suara sendok yang beradu sama gelas tsb lalu teriak "cucu Cucuuu....!" hihihi sok imut bener ya ngomong susu jadi cucu :))

Kalau ada telphone rumah berbunyi, Unnie' juga selalu menirukan bunyi telphone itu, dan sangat mirip! Kadang kami terkecoh itu suara Unnie atau telphone beneran ya? :D

Unnie' juga pernah sekali ikut perjalanan luar kota Jakarta - Bandung. Dulu belum ada Cipularang, jadi perjalanannya agak jauh. Orang tua saya pindah tugas ke Bandung th 1995. Sebelumnya kami tinggal di rumah Dinas nan asri di Tebet Timur I Jakarta Selatan. Unnie' dinaikkan ke dalam truk, begitu sampai Bandung Unnie' diam bengong selama hampir seminggu, kayaknya shock kali ya baru sekali itu jalan-jalan jauh naik truk pulak... hihihi...

Saya ingat, setiap ada teman yang main ke rumah, pasti Unnie' ini jadi awal pembicaraan kami, topik hangat gitu deehh hehehe.. Apalagi kalo yang datang cowok yang lagi pedekate ke saya ahahaha... Aahh Unnie' ini memang bisa mencairkan suasana yang kaku jadi ceria :))

Dulu bulu Unnie indah sekali, lebat berkilau. Kemudian beberapa tahun belakangan tau-tau bulu-bulu di tubuhnya rontok. Papa saya bawa ke dokter hewan dekat rumah. Dibilang sih karena sudah tua, jadi bulunya pada rontok hikks. Walau bulunya sudah menipis Unnie tetep lincah dan gesit.

Sampailah 3 hari yang lalu, Selasa 25 Maret 2014, pagi hari saya diberitahu papa bahwa Unnie sudah tak bergerak di kandangnya tapi masih ada nafasnya satu-satu. Ya Allah, saya sampai nangis gak berhenti-henti ni air mata netes terus hikss.. Dan siang harinya Unnie' mati, nafasnya sudah tak ada. Makin deras lah airmata ini turun. Gak ada tanda-tanda sakit soalnya T_T. Unnie dikuburkan di taman seberang rumah, di bawah pohon cemara.

Rest in Peace Unnie' burung Nuri kesayangan keluarga... Terima kasih telah memberikan kehangatan dalam keluarga kami, 20 tahun bersama dalam suka dan duka, sungguh bukan waktu yang singkat. Banyak kenangan yang kau tinggalkan, tak kuasa rasanya untuk menuliskan kisah ini:'((( Terbang..terbanglah tinggi kau disana ya burung Nuriku yang gagah.... We love You...








21 comments :

  1. aduh jadi ikut sedih.. rest in peace unnie...

    ReplyDelete
  2. baca crita ini jadi sedih lagi deh kak.. unnie cakep banget difoto itu yah... hmmmm jadi kangen.. ntar balik kebandung cm liat kandangnya doank deh ;'((

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas balik bandung jangan-jangan kandangnya udah gak ada dek, dijual :))

      Delete
  3. Huaaaa ikutan sedih deh..

    Iya emang yah klo punya binatang peliharaan lama trs pergi atau meninggal kayanya beratttttttt benerrrrrrrrrrrr.. i feel u makkk.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mwihiikkks ...trims bumil.... kalo kek gini mending ga usah punya binatang peliharaan ya mak, sedihnya ampuuuunnn T_T

      Delete
  4. Wah, Unnie udah menemani selama 20 tahun yah Dev?
    Pasti sedih banget deh...

    Rest in Peace yah Unnie!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims teh Erry... si Unnie tau banget aku ABG kek gimana...dari jaman aku masih unyu-unyu kinyis-kinyis sampai beranak 2 begini gak kerasa udah 20 th barengan :'(

      Delete
  5. rest in peace Unniee.... :,(
    kebayang sedihnya ditinggal Unnie maaak....20 taun gitu looh..
    akika dulu miara ayam yang baru sebulan mati aja, sedih..apalagi Unnie yang udah lama banget yaa... hiks...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims mak Desi.... kalo udah kek gini kapok dah miara binatang lagi, sedihnya itu kalo ditinggal T_T

      Delete
  6. Aaakkk...jadi pengen nangiiisss...

    Kebayang itu 20 tahun bareng Unnie', kenangannya pasti bukan main banyaknya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mwihiiikkkss.... iya mba Lisa, buanyiak buanget kenangannya. dulu jaman aku jd abg galau sering curhat2 ttg cowok sama si Unnie' , walo ga ngerti tapi dia menghibur sekali T_T

      Delete
  7. semua ciptaan-Nya pasti akan kembali kepadanya , turut sedih jg ya sob..

    ReplyDelete
  8. Ah Deva, dari gue ketawa-ketawa bacanya, jadi sedih pas ending.
    RIP Unnie, ud membawa begitu banyak kebahagiaan :')

    ReplyDelete
  9. RIP Unnie






    Silahkan singgah di WEB kita mbak/mas :-)
    buat anak-anak mbak/mas yang mau belajar
    www.ditokokita.com

    ReplyDelete
  10. WOW Keren nie artikernya
    Sambil baca artikel ini, Aku numpang promosi deh !
    Agen Bola, Bandar Bola Online, Situs Taruhan Bola, 7meter

    ReplyDelete