Wednesday, March 12, 2014

Pengalaman Membuat SIM Internasional 2014

Aslinya cepet pake banget lho bikin Sim Internasional ini. Gak sampe sejam udah beres. Serius!

Jadii, akhir bulan Februari kemarin, saya nemenin abi bikin SIM Internasional ke Korlantas  (Korps Lalu Lintas) Polri, Jl MT Haryono Kav 37-38 Jakarta Selatan, telp: (021) 7989702. Yang bersangkutan harus datang dan urus sendiri SIMnya gak boleh diwakilkan.

Gaya beud ya, bikin SIM internasional segala. Ishh bukan buat gaya-gayaan lah,  ini mah karna disuruh sama HRD kantor. Abi udah kelar dinas di Thailand, mulai Maret ini sampai tahun depan pindah ke Saudi Arabia. Naah HRD di Thai berpesan ke abi, nanti pas mudik ke Jakarta coba bikin SIM Internasional, siapa tau berguna di Saudi nanti.

Dan karna itulah iseng-iseng abi bikin, diganti ini sama kantor biayanya...hehehe.. Alhamdulillah..

Abi masuk ke dalam, saya nunggu di parkiran sama Daanish. Kebeneran Jakarta siang itu lagi adem, kita nongkrong di parkiran depan gedung NTMC (National Traffic Management Center),  gak kepanasan deh kita. kantor pelayanan SIM Internasional letaknya sebelahan sama gedung NTMC nan megah.

Daanish terhore main di tempat parkir begini soalnya dia lagi seneng nghapalin merek-merek mobil. Sibuk nunjuk2in  mobil yang terparkir disana tuh Daanish hahaha... "Ammi mi itu Suzuki...miii itu Toyota,,,mii itu Daihatsu Xenia......" dst dst dst :)))

tapi Daanish belum bisa bedain mana Hyundai mana Honda. Ada mobil Hyundai dia teriak, "Mii itu mobil Honda!"

Sempat lihat abi keluar buat fotokopi, gak lama masuk kedalam  lagi. Dan gak sampai sejam udah beres aja donk, abi senyum-senyum keluar dari gedungnya. Trus kata abi di dalam ada 3 polwan yang melayani pembuatan SIM Internsional, polwannya ala bentang pelem masa kini cuy! Hayaah cemana itu polwan ala bintang film?? akuh jadi penapsyarann...O___O

Yawudah langsung aja deh, ini dia Prosedur Penerbitan SIM Internasional / Syarat pembuatan SIM Internasional 2014:

1. Lengkapi persyaratan:
- SIM Nasional  Indonesia yang masih berlaku & fotokopi 1 lembar
- Foto warna terbaru 4X6 berlatar belakang BIRU, (Pria berkemeja & dasi. Wanita pakai Blazer),-
   sebanyak 3 lembar
- KTP / KIT / KITAP asli  & fotokopi 1 lembar
- Paspor asli dan atau Visa & fotokopi 1 lembar
- Materai 6000
- Surat rekomendasi dari Kedutaan bagi WNA Staf Kedutaan.

2. Setelah lengkap semua, pemohon mendaftar pada petugas di Loket Pendaftaran SIM Internasional

3. Pemohon menunjukkan KTP / KIT / KITAP / SIM Nasional dan Paspor asli yang masih berlaku, serta fotokopinya. Pemohon juga menyerahkan Pas foto terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 3 lembar berlatar belakang biru. (Khusus staf kedutaan melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan).

4. Petugas memeriksa persyaratan yang diajukan oleh pemohon.

5. Setelah persyaratan lengkap, pemohon diberikan formulir atau blangko registrasi "Permohonan SIM Internasional".

6. Formulir atau blangko registrasi yang telah diberikan petugas diisi dan ditandatangani pemohon diatas materai Rp 6000,- dan selanjutnya diserahkan petugas untuk dilakukan registrasi.

7. Pemohon melaksanakann pembayaran administrasi SIM Internasional sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) SIM baru, dan Rp. 225.000,- (dua ratus dua puluh lima ribu rupiah)  SIM perpanjangan.

8. Petugas memberikan bukti pembayaran berupa kwitansi dan buku SIM Internasional yang masih kosong.

9. Berkas SIM Internasional, kwitansi dan buku SIM Internasional diserahkan ke operator untuk dilakukan data entry.

10. Data Entry selesai dan dilakukan konfirmasi ulang terhadap Nama, Alamat dan lainnya, agar tidak terjadi kesalahan. Selanjut dilakukan produksi / pencetakan.

11. Selesai produksi / pencetakan dilakukan legilisasi (stempel dan emboss).

12. Pengarsipan berkas SIM Internasional oleh petugas.

13. Penyerahan SIM Internasional kepada pemohon oleh petugas.

14. Horeeee udah kelar... All done! Mari pulaaangg ^____^



Mudah dan cepat! Gak ada calo dan gak pakai tes-tesan segala hihihi... Keknya malah lebih ribet bikin SIM Nasional ya gak sih???

Pelayanan SIM Internasional BUKA setiap hari kerja, Senin sampai Jumat mulai  pukul 08.30- 15.00WIB. Hari Sabtu, Minggu dan hari besar lainnya LIBUR.

Dan sekarang abi udah di Al-Khobar Saudi, berguna banget punya SIM Internasional ini, abi jadi dipinjemin mobil sama kantornya...wkwkwkwk....mayaaann...




30 comments :

  1. Wah cepet juga ya Dev prosesnya. Dulu sebelum pindah ke sini sempet kepikiran bikin juga, tapi sayang aja ga kepake. Eh sekarang malah sim indo yg abis juga masa berlakunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cepet be, sepi lagi jd ga pake antri :-) sim indo abis mah gapapa.khan ga kepake ini simnya di helsingborg yaa xixixi

      Delete
  2. gua pernah bikin sim intl juga disini pas mau pulang indo. :)
    kalo gak salah fee nya $20. hampir sama ya ama kalo bikin di indo :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya ga jauh bedanya.. disana bikinnya juga mudah ya?

      Delete
  3. wwaah Alhamdulillah ya maak kalo ditempatin di saudi...jadi abi bisa sering berkunjung ke mekah... ;))

    ReplyDelete
  4. Aih, andai bikin SIM A juga segampang itu :D
    Congrats ya buat Abinya Keisha dan Daanish, moga betah di sana, rezeki berkah, dan sehat terus ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. seandainya oh seandainyaa..... :D
      Aamiin... trimakasih Mamanya Nadya & Zaidan :-)

      Delete
  5. Hihihi..iya ya, malah lebih ribet bikin sim lokal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget mba Lisa.. bikin sim lokal malah bisa seharian... hadeuhh.. :D

      Delete
  6. Wah .. seneng ya mbak suaminya dah dpt SIM Internasioanl, selamat ya :)

    ReplyDelete
  7. Wah harganya juga sama dengan buat SIM nasional ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sim nasional brp skrg? lupa, udah lama bikinnya siyh hehehe

      Delete
  8. Cepat dan mudah yah Dev..
    Wah enak dong Dev, klo berkunjung ksana bisa sekalian ke mekah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banget Ye, super gampil ga pake antri pulak :-)
      Mauu...Insya Alla bisa berkunjung ke Mekah, Aamiin

      Delete
  9. cepet bener buat SIM Int'lnya..

    abi dah di Saudi Arabia ya..asik bisa nyusulin abi kesana sekalian umrah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya udah disana jeung Fitri.
      mauu... Insya Allah... Aamiin

      Delete
  10. whaaattt? Si abi pindah ke arab, Dev? Hiyaahh, makin jauh ya. Terus kalian nggak ada rencana ikut, gitu?
    Btw, polwan sekarang kan ketje-ketje, Devaaa....! Jadi, lain waktu pak suami ke kantor polisi, kamu musti banget ikut masuk. Jagain properti pribadi! Hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kesana paling liburan aja Fit.. lagi sistem kerja bapakke 5 minggu gawe , seminggu off balik ke Indo, ongkos perjalanan dibiayai kantor Full PP, jadi keknya gaperlu ikut yak hehehe...

      iya bener polwan skrg kece-kece... ntar perpanjangan sim aku kudu ikut kedalam deh! :))) waktu nungu diparkiran aja yg seliweran polwannya cakep2 trus putih2 lagi. Apa polwan skrg gak pernah bejemur di lapangan kali yaa ahahaha...

      Delete
    2. eh, denger2 sih emang ada loh, perekrutan polwan jalur fisik, Dev. CMIIW ya. Katanya yg masuk disortir yang ketje2 gituuuu...
      Trus kalo nggak salah, ada tuh uang make up buat mereka. Katanya loh yaaa....

      Delete
    3. widiiw udah macem pegawai bank ya Fit ada uang kosmetik segala..
      udah keliatan sik pasti ntu disortir yang bening-bening. tp yg bikin penasyaran, mereka yg ketje ini ikut penggembelengan fisik juga gak ya?
      setauku sebelum jd polwan beneran itu ada latihan fisik dibawah matahari terik, makanya tuh polwan jaman dulu gak ada yg putih pada 'coklat keemasan' kebakar matahari wkwkwkwk

      Delete
  11. wah untung weh hrdnya kasih tau kak irvan ya kak... kali aja ntar da make mobil di arab.. soalnya kl buat sim lagi ada tes onlen ma tes di jalan.. dan sapa tw tuh petugas arabnya ga make basa inggris tapi basa arab hihihi.. kak irvan balik kapan kak moga2 masih bisa ngerasain ole2 arab kacang asin hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang sekarang bawa mobil sendiri dek, dikasi kantor krn punya sim int'l..mayan hehehe..
      balik indo tiap 5 minggu sekali.. 5 minggu gawe, seminggu off mudik ke indo gitu hihihi

      Delete
  12. Setelah beberapa pengalaman tmn2, saya datang langsung ke Kantor layanan sim internasional dengan membara persayaran lengkap. dan...... Luar biasa ... pelayanan kurang dari 15 menit SIM Internasional sudah terbit. saya dpt antrian no. 2 (pagi2 jam 8) . jadi lebih lama waktu perjalanan bolak baliknya ketimbang proses pembuatan SIM nya. Alhamdulillah. DT

    ReplyDelete
  13. Kalo bikin sum nya golongan a dan b..gimana ya..??

    ReplyDelete
  14. Min, apakah ada tes praktikum untuk pembuatan SIM ini?

    ReplyDelete
  15. prosesnya cepat dan praktis ya .. hehe

    ReplyDelete