Thursday, August 28, 2014

Moedik Lebaran 2014

Sama seperti tahun lalu, Lebaran tahun ini kami sekeluarga mudik ke Makassar, kampuang halamannya abi. Harusnya lebaran ini abi belum kebagian cuti balik indo, tapi kok ya 2 minggu sebelum lebaran ngabarin dapet cuti dari si boss. Hwaahhh senangnyooo...Buru-buru cari tiket pesawat, dan dapat! Walo harganya udah selangit! -__-"

Cuti dari tgl 18 Juli sampai 1 Agustus 2014....ihiiiyyy...lamaaa! Biasanya mudik cuman seminggu aja di Indonya bistu balik tugas ke Arab. Khan sistem gawenya 5 minggu di Saudi, 1 minggu mudik ke Indo. Ohiya tahun lalu abi bertugas di Thailand, tahun ini abi tugas di Al-Jubail Saudi Arabia.

  •  Bandung - Jakarta- Makassar
Kita berangkat hari Kamis, 24 Juli 2014 pake Bus Primajasa, bus khusus ke Soetta dari Bandung menuju Bandara Soekarno Hatta. Kemudian lanjut dari Soetta naik pesawat menuju Makassar. Alhamdulillah lancar semua, walo badan berasa senat senut karena kelamaan di jalan ;)

Ah seandainya saja ada penerbangan langsung Bandung - Makassar ya, jadi gak perlu lumutan di jalan. Kita berangkat dari rumah Bandung pagi jam 9, sampai di rumah Makassar jam 8 malam loh.. Seharian asli perjalanannya. Bawa 2 bocah balita begini berasaaa benerr lamanya.

Dulu sewaktu belum punya krucils jalan jauh mah cincay bajay. Asoy malahan karena bisa nempel selalu berduaan terus sama pak suami. Begitu punya krucils? hayolooh berubah 180 derajat! Pingin cepat sampai rasanya, apalagi kalo dijalan anaknya banyak tingkah, banyak gaya plus rewel tingkat kecamatan...mwihihi...Ya tapi gak kapok sik, tetep happy jalan-jalan jauh bareng keluarga tersayang :))

Si sulung Keisha, 4 tahun tergolong anak manies, penurut, gak banyak tingkah deh kalo di ajak jalan-jalan. Berbeda dengan si 3 tahun Daanish, tergantung mood. Dulu termasuk anak yang anteng. Tapiii akhir-akhir ini kalau bepergian ke luar kota mau yang jarak dekat atau jarak jauh puasti buanyak buanget "gaya"nya...ihikks.. Baca sampe abis ya postingan ini, bakalan tau bagemana gayanya Daanish yang ngemes-gemesin pengen di tekek rasanya...hahaha... *untung segera tersadar ini anak sendiri, gak jadi deh pengen nekeknya* (tekek = jitak ;)))



  •  Takjub Ni Yeee...
Di airport Soetta, Daanish girang benerr.... ni bocah amat sangat terobsesi dengan pesawat terbang. Tiap ada pesawat  lewat di atas rumah pasti heboh deh teriak-teriak sambil tangan nunjuk ke atas. "ada pesawat ada pesawaattt!". Trus ujung-ujungnya nanya "pesawat apa itu Ammi?". Laah mana keliatan?? pesawatnya jauh diatas sono, akhirannya emaknya jawab ngasal, kadang pesawat Air Asia, kadang Lion Air, kadang Citilink, seringnya sang emak jawab itu pesawat Garuda Indonesia :))

Jadiii pas liat Pesawat Garuda dari dekat, Daanish diam seribu bahasa, melongo bengong memandangi pesawat nan menjulang besar gagah perkasa! Takjub ni yeee...hihihi... Padahal sudah beberapa kali Daanish naik Garuda, tapi karena dulu masih baby belum ngerti ya nak....

Tak berkedip merhatiin pesawat di depan mata :)


  • Nikmatnya Ngedeprok o_O
Berempat, abi-saya-Keisha-Daanish masuk ke dalam pesawat dengan tertib, begitu duduk.... yaakk drama dimulai. Daanish mendadak petakilan! Katanya anak cowok itu makin gede, makin gak bisa diem(?). Pikir-pikir bener juga. Beda dengan tahun lalu masih anteng banget, kalo rewel langsung disodorin "nenen", diem trus bobok dah. Sekarang? mana bisa...huhuhu... Kejadian di dalam pesawat selama 2 jam perjalanan Jakarta - Makassar Daanish matanya on, tidak tidur sama sekali!

Yak lil'man beraksi gak mau duduk manis kayak kakak Keisha. Bolak balik seliweran dari tempat duduk saya ke tempat duduk abi di seberang saya Bistu tau-tau Daanish gulang guling di bawah tempat duduk. Maaakkk! Digendong nangis, disuruh duduk malah jerit-jerit. Sumpah deh peniiingg sungguh pening!!! Yawdah dengan berat hati saya & abi mengikhlaskan Daanish duduk ngedeprok gelosoran di jalanan lorong pesawat samping tempat duduk saya dan abi sampai bosen. Yang penting anaknya diem gak bikin 'kerusuhan', gak ganggu penumpang lain  -__-".

emak pasrah lihat anaknya ngedeprok di bawah -__-"

  • Kulineran
Selama di Makassar kita gak jalan jauh-jauh, kebanyakan muter deket rumah mertua aja. Dan tentunya gak ketinggalan wisata kuliner!...hohoho... Makan konro, makan nyuknyang, makan es pisang ijo, makan otak-otak,  makan mie titi, makan seafood, dll. Satu yang ketinggalan, kita gak makan Coto, warungnya tutup.

Konro Bakar Karebosi
Sop Konro Karebosi

Saya pesen konro bakar, abi pesen sop konro. Dua-duanya enak tapi ternyata lebih empuk si sop konro.. Sluurrpphhh...*lap iler*

Mie Titi
Otak-otak! Mangkuk yang diatasnya itu isi Sup Kepiting :-)

NyukNyang
Es Pisang Ijo & Es Pallu Butung.
Daanish gak mau lihat depan.  Sepanjang emak bapaknya makan, nangis loh anaknya  T_T


Sempat juga kita mampir nyifud ke RM seafood Bahari, di traktir sama abi hehehe... Kelupaan gak reservasi tempat sebelumnya, jadi aja nunggu dulu kira-kira hampir 30 menitan, restonya penuh euy! Untung akhirnya dapat meja. Sambil pesan makanan, seperti biasaa kita foto-foto donk cencunya...

Udah ahh.. aku gak mau di foto teruss! :))
Kk deh Keisha bosen di foto, ganti objek fotoin Daanish aja :-)



  • Masjid Terapung
Yaakk sudahi sudah foto-foto makanannya, saya yang nulis aja jadi laper iniiih.. Selain makanan, sempat juga kita mengunjungi mesjid terapung di pantai Losari, pernah kesini 2 tahun lalu, ada ceritanya dimari .

Masjid Terapung. Masjid Amirul Mukminin.

Abi pengen sholat Maghrib disini, sementara karena sedang berhalangan saya cuma nunggu di luar bareng anak-anak. Yang mana kemudian kena angin sepoi-sepoi anak bontot sukses tertidur gelayutan di pundak saya :-)

ini yang motoin Keisha :)

Keisha &sepupunya, kak Aulia

  • Anggota Keluarga Baru
Alhamdulillah, keluarga besar Makassar tahun ini dikaruniai 2 orang anggota keluarga baru namanya Lila dan Zafa. Dua-duanya perempuan. Lucu, imut, gemesiiiinn skalii bayi-bayi ini. Mereka lahir beda sebulan saja, Lila lahir bulan Mei 2014, sedangkan Zafa Juni 2014. Jadi cucu kakek & nenek Makassar pas 5 pasang, 5 orang laki-laki & 5 orang perempuan :-)

Baby Lila & Baby Zafa
tiap gendong bayi slalu kepikiran  nambah anak 1 lagi gak yaa? IUDnya di copot aja apa yaa? :))


  • Lebaran Tiba 
Yang ditunggu-tunggu hari raya Idul Fitri tiba. Lebaran hari pertama, Keisha sholat Ied sama abi, kakek, nenek dan sepupu-sepupu yang lain. Emaknya mana? emaknya lagi EM, gak ikutan sholat Ied. Sayangnya saya lupa fotoin Keisha jalan bertiga sama nenek & kak Auli pas siap-siap mo berangkat sholat Ied. Dari rumah sudah pakai mukena. Keisha pake mukena baru motif kembang-kembang. Kek gini penampakan mukenanya. Foto mukena yang dipajang di bawah, diambil sebulan sebelum bulan puasa. Kembaran gitu ibu anak, saya beli di lapak adik saya. Bahannya adeeemmm, katun jepang ato mukena giggles bahasa kerennya.... *promosi*

cantik yaaa.... mukenanyaaa... :-)

Ini penampakan saya di pagi hari di Lebaran hari pertama, sholehah sekalii :) Minta tolong abi motoin di pekarangan yang rimbun, eeh kucluk kucluk Daanish no'ong pengen ngikut di foto juga berdua saya. Tapi si bocah nyeker gak pakek sepatu, langsung saya pelototin buru-buru dia lari ambil sepatu. Kemudian Daanish nyamperin saya lagi, saya lihat sekilas, okeh udah pake sepatu, mari kita foto-foto nak, "tangannya di dada kek begini yaa", kata saya sambil nyontohin...



Kelar foto session... saya baru nyadar di kaki Daanish itu sepatunya kok imut amat sih ada renda segala... Hyaakkampyuuun Daanish pakek sepatu Keisha!!??!! Ternyata dia ambil sepatu yang terdekat, adanya cuman sepatu Keisha, dia pakailah daripada dimarahin emaknya nyeker di luar rumah..ck ck ck...

Daanish-Fadhil-Fawzan



Daanish: "turun..turun.. aku mo naik motoorr.."




Daanish: "Ah yawudah gak ada yang mau turun, aku ngobrol sama abi & kakek aja .. "

saatnya silahturahmi ke rumah sodara-sodara..Keisha ngambek gak mau liat kamera -_-'


Fotonya Keisha jutek begini karena dia gak mau di foto, while saya pengen banget mendokumentasikan Keisha pakai abaya ala ala.mwihihihi...Gak klop dah! :)))

Weslah anaknya ogah difoto, emaknya aja yang selfie, mumpung pencahayaan lagi bagus, muka keliatan putih berseri, padahal aslinya kusam berminyak hihihii... Sayangnya setelah seharian muter silahturahmi ke rumah saudara, penampakan kerudung saya udah blas asal lilit tak karuan karena ketarik-tarik sama anak-anak...ihiks.. Beda dengan paginya, rapi jali X_X

penampakan di sore hari... kerudungnya udah acakadut!

Sore hari sampai rumah baru inget belum foto keluarga. Dengan susah payah akhirnya bisa juga foto sama anak-anak. Ngejarnya sussaahh, Keisha & Daanish pada ngacir gak mau difoto.. Do'oh! -_-"

Keluarga Pak Sabri :-)














  •  Kabar Duka
Innalillahi Wa Innailaihi Roji'un, lebaran hari kedua dapat kabar Nyaibuk nenek saya di Palembang, ibunya papa saya, uyutnya Keisha & Daanish, wafat,  meninggal dunia di usia 84 tahun. 2 bulan belakangan beliau sakit karena usia. Selamat Jalan Nyaibuk, nenekku tercinta. Semoga Allah mengampuni segala kesalahan, menerima segala amalan baik Nyaibuk, melapangkan kubur Nyaibuk, serta memberikan cahaya terang untuk mendapat tempat terindah di sisi-Nya. Kami disini selalu mengingatmu dan menyayangimu. Doa dan cinta dari anak, cucu, dan cicit T_T.

  • Mudik Tlah Usai
Gak terasa sudah tgl 30 Juli, waktunya kembali ke Bandung. Di Bandara Sultan Hasanuddin, diantar sama kakek & nenek tercinta ;-)














Dadaahh semuanyaa, sehat selalu yaa ... Insya Allah kita bersua kembali lebaran tahun depan... Muaach....

Di dalam bandara menuju ruang tunggu keberangkatan, lagi dan lagi kita berfoto ala turis. Ada spot cakep di depan miniatur kapal Pinisi, kapal kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan, woohoo mari kita berfoto. Keisha Daanish terkagum-kagum dengan sang kapal, segera deh tak foto..



Daaan Daanish mulai beraksi kembali. Ada adaaa aja kelakuannya.. Saya dan abi mau marah tapi gimanaa, sudahlah diawasin aja sambil senyum meringis :-) Yang penting anaknya happy. Main manjat lari sana sini gak papa, dengan harapan biar di dalam pesawat nanti kecapean, tidur!

eeh ada porter dadakan :))
hadeuuh!

Bosan di ruang tunggu, Daanish lari-larian *lagi!*. Bener-bener lari dari ujung ke ujung. Abi yang bertugas jagain Daanish, ikutan lari juga tuh abi wakakakakk...Saya dan Keisha duduk manis aja ngeliatin mereka pura-pura gak kenal :)). Daann tiba-tiba, yassalam kejadian lagi dah gogoleran di airport! *emak tutup muka pake karpet*

Sultan Hasanuddin Airport, Juli 2014

Percis! percis! Persiis setahun yang lalu di bandara Changi Singapur kek gini juga kejadiannya. Di suruh duduk gak mau, digendong nangis kejer. Yowes lah suka suka nak.. Kali ini aja ya kamu buebwasss mo tiduran dimaaana sajaa, besok-besok TIDAK BOLEH! Zzz Zzzz Krrrrrr...

Changi Airport, Maret 2013

Puas gelosoran, lanjut lihat pesawat lagi bareng kak Keisha. Tampak seru mereka berdua ngobrolin tentang pesawat dari A-Z, ya segala roda pesawat dibahas, warna pesawat diomongin dll wkwkwk...



Aksi Daanish tak cukup sampai disitu. Boarding time, dari boarding gate menuju ke parkiran pesawat, di dalam shuttle bus sang bocah lanang lagi-lagi "unjuk kebolehan". Ini contohnya yang berhasil di abadikan...

Kakak Keisha mandangin Daanish yang gak bisa duduk anteng -__-"

Di dalam pesawat pun sama, aksi Daanish berikutnya adalaaah pesawat belum jalan tapi anaknya udah NANGIS! Hanya gegara permen berwarna merah! Tante Pramugari menawarkan permen, nah Daanish hanya mau yang warna merah, tapi ternyata yang warna merah habis! hikshiikks...  

Pesawat mengangkasa abi mulai ajak Daanish keliling jalan di sepanjang lorong pesawat. Dan saya tunggu 15 menit kok ga balik-balik nih abi dan Daanish, jalan kemana sik? Saya celingak celinguk depan belakang, akhirnya menemukan mereka duduk di seat belakang yang kebeneran 3 seat sederet sejajar itu kosong. Daanish pun sukses tertidur..horeeeee.... *emak bapak bertatapan kemudian saling lempar senyum lebar selebar-lebarnya* :)))


Lumayan banget tidur 2 jam sampai tiba di Jakarta...hihihi....Salut buat abi yang sabar ngajakin Daanish keliling-keliling :-). Sampai Soetta udah seger anaknya.. :))



Trus kita berempat kelaperan. Memang  sudah waktunya makan siang juga sih. Wajib hukumnya isi "bensin" dulu biar gak mabok di jalan. Mana kita akan melanjutkan perjalanan 2,5 jam ke depan pulang  ke rumah Bandung. Abi semenjak tiba di Indo sudah kepingin Hoka-Hoka Bento, Ya maklum di Arab khan gak ada hokben :) Eh fakta yang mengezutkan ternyata Hokben pun tidak ada di Makassar! Hayooo sapa yang mau buka franchise hokben dimarii... dijamin pasti laku keras.



Kelar makan mari pulang ke Banduuung. Pundak plus kaki emak bapakke udah cekot cekot pengen selonjoran..hehehe.. Di perjalanan ke Bandung 2 bocah kesayangan ini kompak jadi anak manis, asik cemal cemill sampe ketiduran lagiii :)) 

Akhir kata, saya mengucapkan terimakasih untuk cemilan Cheetos rasa jagung bakar, Taro rasa rumput laut, Chupa Cups rasa stroberi, dan Pocky-Pocky rasa coklat & pisang  yang bikin mereka semua happy di perjalanan ..hehehe...*bukan iklan, sungguh.*

Keisha & ChupaChups


 ---Salam Sesama Moedikers!---