Thursday, September 11, 2014

Nostalgia & Reuni

  • Hari Radio Nasional
Hari ini 11 September 2014 adalah hari ulang tahunnya Radio Republik Indonesia yang ke-69, yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Radio Nasional. Sumprit, saya baru tau. Kalo gak di tag oleh seorang kawan di Instagram mungkin saya nggak bakalan ngeh hari ini Hari Radio. Timeline di Path pun ramai seliweran "Selamat Hari Radio Nasional". Perasaan dulu gak ada deh keriaan macam ini. Bertahun-tahun di radio gak ngeh samsek ada Hari Radio segala. Apa baru diresmikan sama pemerintah gitu? Atau karena sekarang eranya social media ya? Jadi semua terasa spesial, informasi / berita menyebar begitu cepat ke seluruh penjuru karena diperbincangkan, di regram, repost, retweet, dan repath di socmed. Socmed oh socmed....

Gegara inilah, tetiba saya pingin buat postingan di blog acara reuniannya saya barengan teman-teman di radio sebulan yang lalu. Iyaa, biar emak-emak begini, dahulu kala sewaktu masih muda belia saya pernah lho berkecimpung di dunia peradioan, sejak tahun 1999 sampai tahun 2008. Saya mencicipi 2X pindah radio. Radio pertama th 1999-2006. Radio kedua th 2006-2008...hihihi... Mayanlah...

Sebelum ketemu cerita reuni terkini, saya mo bernostalgila dulu ah, flashback ke 15 tahun yang silam...*busyeett lama amat yak, ketauan dah tuwirnyaa... huuuu*

  •  Mari Bernostalgia :)
Saya bekerja part time di radio ini sejak jaman kuliah dari tahun 1999 sampai th 2006, dimana ketika sudah lulus kuliah pun tetap lho saya gak bisa pindah ke lain hati tiap weekend Sabtu Minggu bela-belain cuap-cuap di radio. Sementara hari kerjanya Senin - Jumat saya bekerja full time dari pagi sampai sore di perusahaan telekomunikasi. Saya sangat menikmati gawe di 2 tempat seperti ini, weekday di tempat lain, weekend di radio.

Kerja di radio menurut saya ketika itu berasa kereeenn bingits! Saya beruntung sempat merasakan pekerjaan impian para mahasiswa. Ya setidaknya impian saya benerr deh kerja cuman 2 atau 3 jam sehari trus dibayar pula...hihihi.. Mayaaan dapat tambahan uang saku. Mana tiap hari bisa denger lagu-lagu asik. Syurga! Emang hobi saya dengar musik, jadi begitu dapat tawaran siaran di radio itu bagaikan pucuk dicinta ulam tiba... ceilee....

Senangnya gawe di radio pengetahuan musik sudah pasti bertambah, lagu-lagu baru update terus, sering dapat CD gratisan, sering dapet voucher makan gratis, bisa foto sama artis yang hampir tiap hari adaaa aja yang datang ke radio buat promoin album baru mereka. Trus kalo beruntung bisa keluar kota bahkan ke luar negeri untuk reportase konser para artis. Kalau saya yang paling berkesan waktu disuruh nge-reporter-in Westlife di Bengkel Jakarta. Gak nyangka bakal disuruh ke Jakarta bareng penyiar senior yang saya kagumi, trus kami nginap di hotel berbintang. Semua gratis! Ahh sukaaa!

  • Interview Artis 
Kalau interview artis yang paling berkesan Sheila On 7 (SO7). Dulu mereka amat sangat hits seantero Indonesia Raya. Mana suaranya generasi 90-an... bhihihhi.... Gilak! Aslik waktu Sheila On 7 datang, hebohlah semua orang. Sampai-sampai studio penuuuhh penggemarnya Sheila! Lautan ABG bejubel sampai ke luar pagar.  Rombongan Sheila On 7 dan managemennya ampe gak bisa masuk dari pintu depan, terpaksa mereka ngumpet-ngumpet masuk lewat pintu rahasia di belakang, yang mana pintu belakang itu udah bertahun-tahun gak pernah dibuka. Bayangin gimana berdebu dan seretnya itu pintu dibuka demi personilnya Sheila bisa masuk ke dalam studio... wkwkwk...

Kemudian Duta and the gank digiring ke balkon di lantai 2. Dadah-dadahan lambai-lambai tanganlah lah personil SO7 ini dari atas balkon ke penggemarnya yang teriak histeris di lantai bawah. Wow wow wow, triple WOW ! Baru kali itu saya lihat artis datang ke radio di sambut dengan sebegitu antusiasnya oleh fans! Hal ini mengakibatkan saya yang nginterview mendadak rada keder. Ya iya donk jadinya khan takut salah nanya, salah kata, atau salah omong gitu....huhuhu...

Begitu personil SO7 mulai masuk ke ruang siaran kemudian duduk di hadapan saya sambil lempar senyum manis dan kita bersalam-salaman, huwaaa langsung dirikuh panas dingiiin, tuluuungg!! Sepanjang sejarah siaran gak pernah-pernah saya salting kek begini loh. Pasrah sudah. Jika wawancaranya gagal gegara saya gagap gak bisa ngomong, saya rela di pecat, begitu pikiran saya ketika itu. Elahdalah di luar dugaan, yang tadinya lidah ini kelu, kaku, serasa gak bisa keluar kata-kata, begitu menatap wajah Duta sang vokalis, lihat dia senyum-senyum mulu, blaasss grogi saya mendadak hilang ketelan tower!...hihihi... Syukurlah, lancar jaya mulus semua sampai acaranya beres. Obrolan kami mengalir santai, penuh gelak tawa. AlhamdulillahirobbilAlamiiiin...*nyengir bahagia, mari kita berdansa merayakan kemenangan dengan diiringi lagu Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki .... hahaha.. apa siiihh.. :)))*

Itulah pengalaman nginterview artis yang pualing sensasional.

Sebenarnya ada 1 lagi, yaitu Romeo, yaps betul Bebi Romeo yang sekarang suaminya presenter Meisy* Sireg*r ntu lho.. Beliau adalah Artis pertama yang saya interview di Radio. Ketika itu Bebi Romeo dkk adalah artis pendatang baru. Ah tapi gak usah diceritain sekarang deh, kapan-kapan aja ceritanya itu sih.. hehehe...

  • Yang Asik-Asik...
Pengalaman asik lainnya semua penyiar pasti ngalamin yaitu sering dapat hadiah-hadiah kecil atau kiriman makanan dari pendengar. Di tahun 2005-2007 hampir setiap hari saya dapat cemilan - cemilan yang dikirim delivery ke alamat kantor saya yang bukan di radio. Saking seringnya dapat kiriman makanan dari si fans ini, temen sekantor saya bilang, "langkahin dulu makanannya Dev, takut udah di jampi-jampi!".. hahaha...

Ada juga yang ngebet pengen tau nomer handphone saya, sampai nanya maksa ke operator siang malem.  Ya udah saya kasih deh.. eehh begitu dikasih tiap hari nelphone udah kayak obat sehari 3x nelphonenya. Diajak ketemuan, gak berani dese...hahaha.. Atuuut ya maass...

Pernah pula ada yang kirim baju Dewa19 limited edition. Gegara tiap dia request lagu DeWa pasti saya puterin. Sementara kalo dia request sama penyiar yang lain jarang diputer. Muhahaha ini mah karena memang saya juga suka sama lagu-lagunya Dewa, jadi deh sekalian tak puter ajaa :)) Bukan cuma kaos Dewa yang dia kirim, plus kirim foto dirinya pose bareng Once & Ahmad Dhani. Yaaaelaa buat apa pulak fotonya dikirim ke saya sik??

  • Yang Mengerikan...
Tapi ya gak semuanya tampak asoy. Yang mengerikan pun ada. Di tahun 2001 ada yang kirim surat ke saya melalui pos. Pakai amplop biasa. Di dalamnya terdiri dari berlembar-lembar kertas yang berisikan tulisan tangan si pengirim. Bukan perkenalan ataupun biodata si pengirim surat, melainkan isinya campur aduk. Ya film kesukaannya, lagu kesukaannya, warna favorit, trus ada lirik lagu segala, dan yang terakhir adalaaah.........Gambar. Gambar yang dicoretkan pakai spidol, sangat pornoooo sekaliii. Mau tau gambarnya apa? gambar .......ngggg............. ngggg .................. maaf ..................... P*NIS! Iya p*nis, 'punya'nya laki-laki...huhuhu... Wong edan iki yang ngirim surat! :((  Yang bikin tambah shock, di gambar tsb ada 'pemanis'nya yakni rambut-rambut keriting kecil ASLI, yang melekat menjijikkan di gambar tsb! OH MY GOD! Hiiiihhh jijaaaiii, sungguh geli!!! Dan si rambut-rambut kriting itu ditempel pas di posisinya. OMG! Kata temen saya, "curiga itu bulu ketek, Dev!" *hoeekk* *muntah keris muntah paku*. Psycho Abiiss! Mungkin ni orang kagak nahan denger suara saya kali ya. Astaajiiimm... *sigh* *elus-elus dada*.

Sampai sekarang masih misteri siapakah yang 'tega' mengirimkan surat itu kepada saya. Yang jelas cap posnya berasal dari Ujung Berung (salah satu nama kawasan di daerah Bandung Timur).

HIh syerem!

  • Yang Romantis
Pernah juga di suatu sore, gak ada hujan gak ada angin, tau-tau ada pasangan muda masa kini (di jamannya), keduanya calon dokter, kuliah di perguruan tinggi negeri favorit di Bandung datang ke radio mencari saya. Waaah ternyata mereka cuman mau say thanks karena akhirnya jadian ehem ehem pacaran, gegara lagu yang saya puterin. Dan sekarang mereka sudah menikah loh... Kita masih tetap keep in touch hingga saat ini melalui Facebook :)

  •  Yang Mengharukan
Yang bikin tersentuh juga ada. Di suatu hari yang cerah datang seorang kakak yang sangat sayang adiknya. Sang kakak ini minta tanda tangan dan foto saya untuk adiknya yang masih SD kelas 6! Alamakk! Ahahaha.... Pecah rekor! Baru kali ini ada anak kecil, duduk di bangku Sekolah Dasar, suka denger suara saya :))) Kata sang kakak, tiap saya "mengudara", suara saya direkam sama adiknya...hihihi... *langsung eikeh terharu biru* :))  Lanjut terus sampai sang adik SMP, SMU, dan kuliah, adik ini masih berhubungan dengan saya walaupun saya sudah tidak bekerja lagi di radio. Sering saya dibikinkan puisi, dan yang paling saya ingat salah satu puisinya berjudul Matahariku. Di pajang di mading sekolahnya dulu sewaktu dia SMU. Tiap anaknya bikin puisi, pasti dia laporan ke saya by phone, "Dev, gue bikin puisi buat lo, mau denger gak?"  Ckckck ni anak kicik gue-elo gue-elo macem umur deketan aja, harusnya dia manggil saya Aunty khan? hahaha... Ada adaaa aja yaaa... Sekarang anaknya sudah lulus kuliah. Hallo Ntan, lo tak sebut-sebut dimariii... jangan GR yee... hehehe...

  • Foto Kenangan
Ah begitu banyak kenangan manies yang tak terlupakan. Makanya saya excited berat waktu diajak kumpul-kumpul lagi.  Mau liat penampakan saya waktu masih muda, masih kinyis-kinyis, sedang ranum-ranumnya (buaahh keuleus :))) Ntar yaa.. saya ubek-ubek dulu album kenangan... (Setelah seharian acak-acak file di lappie akhirnya nemu foto-foto berikuutt :)))

suatu hari di tahun 2006

ini foto di ruang siaran. pas lagi muter iklan, minta tolong operator motretin :-)
kalo yang ini th 2003, pake baju seragam radio. Bukti bahwa si sayah pernah singset :)

Trus truss saya juga nemu foto jaman siaran bulan Puasa. Siarannya dini hari menjelang subuh. Ini siaran subuh terheboh, karena saya & partner siaran *picnya dibawah ini* kalo udah on-air hobinya saling cela mencela. Eeh ternyata banyak yang suka denger kita siaran duet begini..wkwkwk... :)))

ini th 2001. Siaran duet bulan Ramadhan  jam 3-5 pagi nemenin yang lagi pada sahur.


Tahun 2004 para penyiar foto bareng dengan tema 80's. Ini juga seruu! Soalnya fotonya pas hari kerja, hari Rabu kalo gak salah. Yah saya khan gawe di tempat lain. Jadilah nunggu pas jam istirahat siang. Gedubrakan saya ngebut  ke studio foto. Sampai di tempat foto, amypuunn jidatkuh basah keringetan! Lihat temen-temen lain, maak dandan pol maksimal! Saya tersepona. Masssaa ada yang bikin tai lalat palsu segala di mukanya bwhahaha....GiLiingg! Dari awal saya sudah woro-woro gak bisa dandan macem-macem, abisan setelah foto khan langsung balik lagi ke tempat gawe. Saya cuma pake baju motif polkadot jadul, rambut di ikat nyamping, pake kalung mutiara panjang dililit-lilit, cucok eim! Ditunjang muka saya kan muka lugu ala eighties nineties gitu deh, tak perlu lah dandan aneh-aneh, sudah cukup mewakili kok... ya khan ya khan... hahaha...

gaya tahun 80-an :)))


Udahan ah jembrengin foto jadulnya..malu sayaah maluuuu.... :D :D :D

  • Mendadak Reuni 2014
Sudahi sudah nostalgianya, ayo move on! Betapa saya nulis ini sembari nyengar nyengir gak jelas teu pararuguh ...hehehe... There you go sis, lanjut sekarang cerita kekinian. Jadiiii ceritanya akhir bulan Juli beberapa hari sebelum lebaran saya di mention mau ikutan reuni atau tidak. Ternyata mumpung sebentar lagi lebaran, teman-teman yang di luar kota pada pulkam ke Bandung. Rencananya mau temu kangen dengan beberapa orang rekan sejawat yang dulu senasib seperjuangan di salah satu radio station di Bandung. Eehh tak disangka responnya luar biasa bagus. Hampir semua menanggapi positif ajakan ini, lebih dari 20 orang setuju untuk hadir.

Tibalah hari yang ditunggu-tunggu. Jam 4 sore di salah satu resto di daerah Dago atas.

Saya ajak Keisha. Abi diajakin ogah, mo bobok aja di rumah sama Daanish katanya. Iihh suami pengertian, tau aja istrinya mau hahahihu sama konco-konco lama nih suamikuuh :)) *gelayutan manja*

Deg-degan dikit, soalnya sudah lamaa buanget gak ketemuan. Pada pangling gak ya lihat eikeh yang sekarang menggembung sebadan-badan gini hikks... Terakhir saya bekerja disana th 2006. Ngarep banget ketemu teman-teman seangkatan saya dulu.

Ihiiy... ini nihh mendadak reunian, ngumpul seru bareng tim kreatif, scriptwriter, operator, music director, marketing, dkk  ^__^




Reuni 2 Agustus 2014






Woohooo... mereka masih cihuy seperti yang dulu, mungkin berbeza di penampakannya saja, lebih sholeh sholehah, keibuan dan kebapakan...hahaha....Sukses reuni dadakan ini bikin saya kuangen beratz sama microphone, mixer dan pemancar radio! Suwer! :)) Next year rencananya mau diadakan lagi reuni semacam ini, semoga makin banyak yang datang. Aahh tak sabar nunggu tahun depan. See you when I see you... Jaya Slalu di Udara! ^__^



20 comments :

  1. gua dulu pengen banget lho jadi penyiar radio. gak pernah bener2 nyoba apply sih, cuma kepengen aja. hahaha.

    ReplyDelete
  2. aku sukaaaa baget denger radio dulu skr malah gak pernah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga semenjak punya 2 bocah bgini jarang denger radio, ga sempettt :))

      Delete
  3. Pernah siaran di MGT ? Berarti dulu suka denger suaranya nih :D

    ReplyDelete
  4. Jaman SMP gw pernah punya cita2 jd penyiar radio lho tp makin gede malah melenceng dr cita2 hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang menurut hasil survey, penyiar radio banyakan cita-citanya para ABG..hahaha..

      Delete
  5. Whoaaa...itu ada McDanny yah Deeeev?

    Oooh...jadi dulu siaran di MGT?
    Aku sering dengerin juga tuh Dev, gaul banget kan itu radionyaaa?
    Lokasinya juga aku tau tuuuuh, di daerah karapitan itu yah Dev? dulu sering lewat soalnya Nenek ku rumahnya di daerah situuu :)

    Tapi sekarang kayaknya mereka udah pindah target audiens gitu yah Dev?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa... foto aku berdua McDanny adaa, tapi gak ku pejeng di blog, ada di Instagram aja teh Erry hihihi...

      Yg gaul mah radio Ard*n, 0z & 99erz, emjitong mah kalah jauuuuhhh wkwkwkwk..iya deket karapitan, ini di Bu4h b4tu 8. Eits tapi tiati ketuker sama radio dangdud tuh dulu di karapitan lokasinya, deketan,

      Iya pindah segmen, dari radio ABG radio anak muda, genti ke radio dewasa muda... yaah beda tipislah masih ada benang merahnya di kata "muda" ....hahaha...

      Delete
  6. Devaaaaaaaa.. aih ternyata dikau dulu penyiar radio ya. Gue juga dulu pernah bercita-cita banget, tapi cuma mimpi sih. Tau dirilah suara kayak gini mo jadi penyiar, ohohoho..
    Seneng dong ya ketemuan lagi sama temen-temen lama ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. seneng bwangeet..ktmu tmn2 lama ngobrol ngolor ngidul ^^

      mayanlah hobi yang menghasilkan hekekekek..suara gw pun butut Del, tapi ntah knapa tetiba diajakin siaran, dan keterusan hahaha...

      Delete
  7. wuiss keren gilaks...he he he he

    asik bgt ya jadi penyiar dengan segala sukah dan dukahnya he he

    asik bgt reuniannya dan masih py foto2 jadulnya ya, jadi penasaran suaranya kayak gimana sih? seksikah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya seru jeng Fit.. kisah masa muda ini ceritanya hihihi..

      Boro-boro seksi, suaranya semberrrr .. :)))

      Delete
  8. sebelum akrab sama internet, saya seneng banget dengerin radio. Sempet mengkhayal jadi penyiar radio juga. Kyknya asik. Dan, baca postingan ini emang kelihatannya asik, ya. Kecuali bagian pengalaman yang nyereminnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang asyik mba Chi. Seru! Pengalaman nyeremin cuma sdikit, banyakan senangnya :) Ini aja kalo inget-inget masa muda dulu suka senyum sendiri..bhihihi..

      Delete
  9. Dev....dulu penyiar toh...hihihi
    Itu impian gw banget pengen jadi penyiar......hahaha
    Hebuaaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha biasa aja kok Des.. sedang mengenang masa muda ini dirikuh hahaha...

      Delete
  10. devaaa..ko aku juga baru tau kamu dulu penyiar...
    keren dev!

    ReplyDelete
    Replies
    1. kisah masa muda ini mah Ning... bhihihii....

      Delete