Saturday, September 6, 2014

Semalam di Garut

Sesuai judul, cuma semalam saya sekeluarga di Garut. Abi yang ngajakin jalan-jalan ke Garut. Yaa itung-itung dalam rangka cutinya diperpanjang. Mestinya balik ke Saudi tgl 1 Agustus, kemudian mundur jadi tgl 7 Agustus... Asiiiikkk! :))

Mulanya ragu, ke Garut macet gak ya? Biasanya macet di Nagrek karena jalur mudik khan disitu. Memantau di televisi & radio keknya kemacetan arus balik sudah mulai reda, hayuk atuh lets go kita meng-Garuuut...:))

Garut adalah nama kota yang sejuk di Jawa Barat. Kira-kira 1,5 jam perjalanan dari Bandung. Dikelilingi oleh gunung, ada gunung Karacak, gunung Cikuray, gunung Papandayan dan gunung Guntur. Dahulu Garut terkenal dengan dodol Garut, namun sekarang jaman berganti, oleh-oleh khas Garut tsb dimodifikasi menjadi Chocodot yaitu campuran dodol dan cokelat.

Bener ajaa kita kena macet di Nagrek. Macetnya dikarenakan sistem buka tutup. Pas kita kesana eee kebagian lagi ditutup 1 jam..ihikss...

Untung bawa perbekalan cemilan banyak, mayanlah sambil nunggu kita ngemil-ngemil manyun. Anak-anak di dalam mobil  gak pake rewel :))

Karena dadakan, hotel pun belum booking. Weslah go show style ajah hehehe.. Nama hotel yang kita kantongi antara Sumber Alam atau Danau Dariza.

Sampai Garut sore sekitar jam 4. Abi milih menginap di Sumber Alam, karena lebih familiar tempatnya trus lebih murah pula dibanding Danau Dariza. Tiba di Sumber Alam, Huwaah penuh! huhuhu.. Eh tapi gak lama dikabari  ada yang barusan check out. Alhamdulillah dapat kamar juga, jadi gak luntang lantung kesana kemari cari penginapan  lagi.

Hello from Garut kota Chocodot

Yah karena udah kesorean juga sampenya, kita gak kemana-mana, ngadem aja di kamar. Kita dapat room yang 2 tingkat, 575 ribu per malam. Lantai bawah ruang keluarga, kamar mandi, kamar berendam air panas. Di lantai atas kamar tidur & TV. Bersih ruangannya. Sumber Alam ini walaupun sudah lama tapi terawat bingits.

Habis maghrib kita keluar cari makan malam. Yup di Garut tentunya gak boleh di lewatkan makan nasi liwet! Kita melipir ke Asep Stroberi. Duuuhh nikmatnyoooo... Raooos pisan, uennaaakk buanget si nasi liwetnya pak Asep ini, apa karena kita pada kelaparan ya, makanya berasa sedap semua makanan yang kita pesan :))

@Asep Stroberi. Lapar to the max!
Makannya berempat, Abi-saya-Keisha-Daanish, semua habis tak bersisa! :)))

Setelah makan, jalan-jalan sebentar ngukur Garut..hehehe.. Sengaja lewat ke kost-an abi dulu sewaktu masih single. Oiya th 2006 Abi pernah kerja di Garut beberapa bulan. Saya kenal Abi sewaktu abi sedang bertugas di Garut. Bermula email-emailan dan lanjut bersua ketemuan pertama kali di Bandung... Ceileee nostalgia benerrr ini yaaa.. hahaha...

Hari makin larut. Anak-anak ngantuk, kita kembali ke hotel. Sampai hotel lewat kolam renangnya wiih masih rame yang berenang cuy...

Nyebur malam-malam


Keesokan harinya, anak-anak belum bangun, saya jalan pagi muterin Sumber Alam. Udaranya sejuk, mata segeerrrr banget lihat yang hijau-hijau di sekeliling. Coba, siapa yang gak betah lihat view seperti ini...

Sumber Alam - 5 Agustus 2014


Betah banget lama-lama mandangin suasana di sekitar, plus ada suara gemericik air pulak.. Adem dem dem!

what a view...


Kembali ke kamar, anak-anak udah pada bangun. Berendam air anget deh di kamar bawah. Happy banget anaknya main cibang cibung gak kedinginan karena airnya hangat.

asiknya berendeemm...


Kelar mandi plus berendam, lalu kita menuju ke ruang sarapan. Senangnya menu sarapan di Sumber Alam ini berasa enaknya, cucok gitu di lidah. Keisha & Daanish lahap sarapan sosis & kentang barbeque. Lihat mereka makannya bersemangat plus lahap, keingetan wadah Tuppy yang saya bawa kemarin siang buat bekal di jalan. Jiwa emak-emak mulai beraksi, clingak clinguk dikit, aah cueekk saya ambil sosis & kentang agak banyakan, trus tak masukin ke dalam  Tupperw*re buat cemilan di mobil nanti... mwihihihi...

Selesai makan Keisha dan Daanish main di playground.  Lama juga disini, anak-anak betah sampai gak mau pulang.


Adventure Come On Board!

Setelah dibujuk-bujuk akhirnya mau juga udahan mainnya. Di jalan menuju ke kamar, eh Keisha lihat ada pemancingan ikan, ngambek dese pengen mancing ikan disini...hadeeeuuhhh... o_O

mari mancing ikan


Lihat yang mancing ikan beberapa menit, lalu segera balik ke kamar, nonton tv, beres-beres bentar, check out deh. Gak lupa foto narsis-narsisan sebelum meninggalkan Sumber Alam..hehehe...



Jiaaahahaha banyak aja gitu foto narsisnya yaa.. maaf maaff... abisan sayang kalo gak di pejeng dimari :)))

Keluar hotel lanjut keliling Garut lagi. Kali ini tujuannya ke Darajat Pass. Abi mo kasih tau ke saya & anak-anak dulu waktu jaman muda pernah kerja bikin jalur pipa gas disini. Jadi kalo ke Darajat Pass, naik lagi ke atas dikit, lihat sebelah kanan ada pipa-pipa gas melintang di perkebunan, naah dulu abi ngerjain project itu. 

Tiba disana, kita turun dari kendaraan dan foto sejenak disana. Ceile abiiii napak tilas niyeee....hihihi ...iseeennnngg bingits!

Selamat Datang di Lapangan Panas Bumi Darajat :)

Ah atmosfernya memang pas banget buat nostalgia-nostalgiaan, bring me back ke akhir tahun 2006 &  awal 2007. Tetiba keiingetan masa-masa telphone-telphonan pake Es*a yang 1 jam cuman seribu rupiah sama abi. Abi di Garut saya di Bandung. Karena dulu Gogo manual sering failed, makanya tiap hari Senin setelah wikenan di Bandung biasanya Abi minta tolong GoGo-in Nomor Es*a Bandungnya menjadi nomor Garut. Trus saya tinggal klik aja dari komputer office khan saya gawenya di Es*a dulu mah ahahaha...

Sering juga sore hari abi telphone kasih tau ada petani kentang demo,  jadi gak bisa turun ke bawah karena jalannya di blokir sama para petani. Project panas bumi ini dahulu penuh kontroversi, ditentang penduduk setempat yang kebanyakan petani. Mereka khawatir lahan bertani tergusur dan minta ganti rugi yang sangat besar. Tapi khan itu duluu, sekarang mereka sudah merasakan hasilnya dan hidup berdampingan tanpa ada demonstrasi lagi ..hihihi... Aahh time flies!

Udah ah nostalgianya *tersipu malu*,  mari kita lanjut foto-foto lagi. Kali ini fotoin duo Keisha & Daanish :))

gaya 1, Keisha udah action, Daanish cuek
gaya 2,  Daanish mulai ngikutin gayanya Keisha
gaya 3.. Wow,  Daanish mantap kali gayamu, Nak... hahaha

Lanjut kita turun ke Darajat Pass. Gak masuk sih, cuman pengen foto di depan tulisan "DARAJAT PASS"nya ajaa ..wkwkwk...



Saya dan Keisha lagi sikasik pepotoan, eh anak bontot mulai rewel dan nangis! Hiihh bikin gak konsen emaknya aja iniihh... Kagak demen lihat emaknya begaya ala ala foto model kali yaa...

nangis sambil lihat pemandangan hahaha....

Nangisnya Daanish makin kencang, sudahlah kita pulang saja, sekalian makan siang dulu. Malu juga diliatin orang-orang, dikira anaknya disiksa kali ya, nangisnya heboh begitu ihikkss...

Di dalam mobil Daanish sudah anteng kembali. Ketawa ketiwi sambil ngemil bekal sosis & french fries hasil nyomot di breakfast room tadi pagi hehehe...

kentang & sosis tinggal segini, tadinya banyak dan penuh isinya :)

Bekal yang tadinya penuh sampe susah ditutup tuppynya, nyisa sedikit. Anak-anak kekenyangan ngemil  dan  tertidur... hihihihi... Lumayaan anak tidur begini, ortu bisa santai bentar, santai lihat pemandangan sepanjang jalan  hehehe....

Ini yang namanya Gunung menjulang berpayung awan.. ;-)


Keisha Daanish pules banget boboknya, yawdah kalo gitu maksi di skip dulu, sekarang cari oleh-oleh aja mumpung anak-anak tidur. Yup, oleh-oleh khas Garut yaitu Chocodot, cokelat isi dodol Garut. Kita mampir ke d'Jieun Tjokelat, jl Otista No 2. Kemarin sore sewaktu menuju Sumber Alam, saya  lihat storenya Chocodot ini. Lokasinya strategis banget, kalau dari arah Bandung ada di sebelah kanan jalan. Pokoknya yang mau ke Garut dari Bandung, begitu juga sebaliknya yang mau balik ke Bandung dari Garut pasti lewatin sini deh...
d'Jiuen Tjokelat Chocodot


Abi & anak-anak nunggu di mobil. Ya khan anak-anak masih pada tidur. Abi jaga anak-anak, saya yang masuk ke dalam belanja oleh-oleh. Pesan abi cuman satu, "jangan lama-lama". Hihihi siap bos!

cokelat nyunda, makes it all cepotable.. hahaha... mentang-mentang ada gambar cepotnya yaa

Sebagai penggemar cokelat, ampyuuunn kalap aslik masuk kemari! Kemasannya lucu-lucu, pingin diicipin semua rasanya hahaha....Untung saya ingat, oleh-oleh sokelat made in yurop dari Abi masih banyak di koper. Bisa di rem lah sikit hasrat ngeborongnya ..hekekekekkk....

Ya sih di Bandung juga ada si Chocodot ini, tapiii sensasinya beda kalo kita menyambangi langsung ke tempat asalnya.. ya khan ya khan... *cari pembenaran*.

Daritadi motoin cokelat mulu ampe bosen,  sebenarnya gak tahan pengen motret diri sendiri tapi apa daya  gak punya tongsis. Mau panggil abi, saya males ke depan ke parkiran. Lihat satpam lagi bengang bengong, ahhaaaa kenapa gak minta tolong pak satpam saja motoin diriku yang manies semanies chocodot ini :))) Dan ini dia hasil jepretan ala pak Satpam...



Hatur nuhun pak Satpam yang baik hati dan ramah sekali, sudah mau jadi fotografer dadakan. Malah pak satpam lho yang kasih tau spot yang kece buat di foto...hihihi....Pak Satpam anda kewl sekali! *acungin jempol ke atas* :)))

Hasil setengah kalap di Chocodot...

belanjaanku
Pernah ke Chocodot. Sah!

Belanja oleh-oleh sudah, balik ke mobil anak-anak masih bobok. Nih perut kukuruyukan teriak-teriak kelaparan, yuk mari kita cari makan siang. Karena tempat makan Sunda yang tersohor di Garut itu Cibiuk dan Asep Stroberi, marilah kita menuju Cibiuk. Asep Stroberi khan udah dicobain tadi malam. Ohiya Letak Rumah makan Cibiuk ini sebelahan sama Asep Stroberi Tarogong.

Menunggu  Nasi Liwet Cibiuk  :-)

Pesan nasi liwet lagi. Tapi kok berasa enakan yang semalam kita makan di Asep Stroberi ya? Untuk suasana resto sih bagusan Cibiuk. Sambil makan anak-anak senang lihat ikan yang ada di belakang saung. Daanish heboh manjat sambil tidur-tiduran di pembatas saungnya. Huwaaa...hati-hati jatuh ya nak....



Makan dengan santai. Semua sudah kenyang, tapi sayang makanan yang kami pesan masih banyak sisanya. Bungkus bawa pulang ke Bandung deh. Yuk ah capcus kita balik ke Bandung. Keisha Daanish juga udah kecapean keknya. Abi & anak-anak duluan ke mobil. Saya belakangan karena ke toilet dulu. Di parkiran menuju ke mobil, sempet-sempetnya saya minta tolong fotoin (lagi) sama tukang parkir Cibiuk hahaha...

WOw Kereenn hasil jepretan . .Tararengkyu ya kang parkir :))


Sehari semalam yang menyenangkan di Garut. Kata abi kapan-kapan kita kesini lagi yaa... Okehhh istrinya setujuuu bingits! Bye Garut... See you next time :-)


10 comments :

  1. Mba Devaaa..fotonya bagus-bagus..kece banget deh yang pake baju pink :)
    Darajat emang bagus banget ya mbaa..akupun pernah kesana..
    Asep Stroberi-nya menggoda ihhh..lapeeerrrr liatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha.. efek pake pink jd keliatan kece yaa ^_^
      Iyaaa...ini pun pengen lagi ke Asep stroberi..ngeliwet hehehe...

      Delete
  2. asik bgt jalan2nya..mantab go show lgs dapat ya, alhamdulillah bgt..

    iyah serius berpink ria, dikaw kece deh,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, jalan-jalan yang ga direncanakan sebelumnya.. untung lancar jaya semua hihihi...
      aahh masa siihh.. jadi maluu... *langsung berpinky ria dari atas sampe bawah biar kliatan kece setiap saat* *eaaa* ...wkwkwkwk....

      Delete
  3. sumber alam itu yang di CIpanas Garut ya

    ReplyDelete
  4. Mupeenggg...pengen liburan jugaa...huhuhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku malah mupeng pengen liburan ke medan..bhihihi...

      Delete
  5. woww serunya jalan-jalannya mbak.. eh itu sumber alam keren banget sihhhh. Terus Darajat pass itu apa sih mbak? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darajat Pass tempat wisata pemandian air panas, ada water park, dan outbondnya juga disana hehehe

      Delete